Prodi Gizi Fakultas Kedokteran Untirta Sepakati Kerja Sama dengan RSUD Dr. Adjidarmo Lebak

Diposting pada

Kerja sama di bidang penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi antara Fakultas Kedokteran Untirta dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adjidarmo resmi terjalin dengan ditandatanganinya Naskah Perjanjian Kerja Sama oleh Dekan Fakultas Kedokteran Untirta, Dr. dr. Siti Farida, M.Kes., Ph.D dan Direktur RSUD Dr. Adjidarmo Lebak, dr. Anik Sakinah secara daring melalui zoom meeting pada Selasa, 19 Oktober 2021. Kerja sama ini membuka jalan bagi mahasiswa Program Studi Gizi Fakultas Kedokteran Untirta untuk menyelenggarakan praktik dan penelitian di instalasi gizi RSUD Dr. Adjidarmo Lebak. Fakultas Kedokteran Untirta pun dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk pelatihan, workshop, seminar, dan lainnya bersama dengan RSUD Dr. Adjidarmo di kemudian hari.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Untirta, Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd menyambut baik kerja sama ini sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan dua dari delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, yakni lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak dan mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus.

“Mahasiswa ilmu gizi yang dibimbing oleh Fakultas Kedokteran Untirta dan pihak RSUD Dr. Adjidarmo akan bertambah keyakinan dan keterampilan dan pada akhirnya mencapai kompetensi maksimal sesuai dengan harapan yang disiapkan Fakultas Kedokteran melalui kurikulum yang disetujui. Kita harapkan mudah-mudahan mahasiswa kita dibimibing dengan baik dan dapat membanggakan Untirta dan RSUD Dr. Adjidarmo.” Ujarnya.

Aceng Hasani berharap melalui pelaksanaan praktik di Instalasi Gizi RSUD Dr. Adjidarmo, mahasiswa Untirta dapat menunjukan performa dan kompetensi yang baik, sehingga terbuka kesempatan bagi mereka untuk dapat langsung menjalankan profesinya selepas mengenyam pendidikan. “Ketika kompetensinya sudah dianggap maksimal, maka harapan kami mahasiswa kami langsung dapat melaksanakan tugas dan bekerja di instansi manapun. Jika berkenan RSUD Dr. Adjidarmo tentu dapat memilih mahasiswa kami yang dianggap baik untuk memperkuat RSUD Dr. Adjidarmo. Harapan ini mari kita dukung bersama, yakni mengurangi memperkecil angka pengangguran.” Tuturnya.


Dekan Fakultas Kedokteran Untirta, Dr. dr. Siti Farida, M.Kes., Ph.D mengungkapkan bahwa mahasiswa ilmu gizi di tingkat tertentu membutuhkan wahana praktik dan pengalaman menganalisis kebutuhan pasien dalam kondisi tertentu, sehinga dirinya mensyukuri kesediaan RSUD Dr. Adjidarmo dalam menjalin kerja sama yang baik dengan Untirta. “Semoga apa yang kita niatkan di dalam kerja sama ini dimudahkan urusannya dan dapat terlaksana dengan baik. Mahasiswa kami mohon mendapatkan bimbingan dari bapak ibu agar nantinya mereka memiliki bekal, tidak hanya dalam pengetahuan tetapi juga di dalam praktiknya. Semoga langkah awal pada hari ini akan terus berlanjut dan berkesinambungan sebagai bentuk tanggung jawab kami agar lulusan dari Prodi Gizi Fakultas Kedokteran Untirta memiliki kopmpetensi yang dibutuhkan masyarakat.” Pungkasnya.


Direktur RSUD Dr. Adjidarmo Lebak, dr. Hj. Anik Sakinah, M.Si. percaya diri pihaknya mampu menjalankan peran sebagai wahana praktik dengan mempertimbangkan tingkat hunian yang tinggi dan kapasitas tempat tidur yang banyak. “RSUD Dr. Adjidarmo siap menjadi wahana untuk menerima mahasiswa sehingga menjadi bagian dari memberdayakan manusia Banten yang profesional, berkualias, dan berdaya saing.” Ungkapnya sebelum memperkenalkan sejarah, layanan, dan fasilitas RSUD Dr. Adjidarmo kepada hadirin.


Pada kesempatan tersebut, Ketua Program Studi Gizi Fakultas Kedokteran Untirta, Dr. Hj. Lili Amaliah, SKM., M.M.Kes. turut memperkenalkan profil Program Studi Gizi Fakultas Kedokteran Untirta, mulai dari sejarah, staf pengajar, hingga fasilitas yang tersedia. Dirinya juga menuturkan bahwa kerja sama ini merupakan komitmen dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia, baik tenaga pendidik maupun mahasiswa dan lulusan di bidang gizi. “Mengingat kerja sama ini sangat penting dalam pengemabangan kompetensi, kami berharap diukungan dari berbagai pihak sehingga mahasiswa bisa memperoleh pengalaman praktek yang lebih nyata sebagai bekal ketika mereka nanti bekerja setelah lulus. Kami ucapkan terima kasih kpd RSUD Dr. Adjidarmo  sudah berkenan membantu kami. Kami berharap kerja sama ini berjalan dengan baik dan saling terbuka komunikasi dengan baik.” Tutupnya.

Acara penandatanganan ini dihadiri pula oleh Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Untirta, Dr.dr. Desdiani, M.K.K; Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Untirta, dr. Siti Darifah, M.K.K; Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Untirta, Dr. dr. Omat Rachmat, Sp.OT(K)Spine; Kepala Instalasi Gizi RSUD Dr. Adjidarmo, Wida Sintawari, S.Gz.; Koordinator Kerjasama dan Humas Untirta, Veronica Dian Faradisa, S.E., M.M.; Sub koordinator Kerjasama Untirta, Ratih Purnamasari, SE., M. Akt.; Ketua GPM FK Untirta, dr. Ita Marlita, M.Epid; segenap dosen Prodi Gizi Untirta; Koordinator JFT Analisis Kepegawaian Ahli Madya Untirta, Kosasih, SE., MM; Arsiparis Ahli Muda FK, Rika Melianawati Agustina, SKM; Pengolah Data Prodi Gizi, Emiliya Dewi. B, SKM; dan Pengolah Data Fakultas Kedokteran, Rt. Komariyah. (Humas – Sekar)