Kemdikbudristek Lakukan Monev Hibah PKKM 3 Program Studi Untirta

Diposting pada

Serang, (14/10/2021) – Pihak Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan monitoring dan evaluasi hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada Kamis (14/10). Monev dilakukan oleh Secretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Ristek dan ditujukan bagi tiga program Studi yakni Teknik Industri, Biologi, dan Ilmu Komunikasi yang mendapatkan hibah tersebut

Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST.,MT dalam sambutannya mengatakan pada tahun ini merupakan tahun perdana bagi Untirta mendapatkan Hibah PKKM setelah sebelumnya Untirta juga dipercaya mendapatkan hibah kompetisi lainnya. “jadi kepercayaan untuk  tahun perdana hibah kompetisi kampus merdeka merdeka belajar saya kira ini komitmen kami akan kami lakukan untuk menyukseskan program yang dicanangkan kementerian pendidikan kebudayaan riset teknologi”ucapnya. Prof. Fatah juga menyampaikan pentingnya monitoring dan evaluasi terhadap program yang telah dijalankan dan dirinya secara teknis telah menerima laporan dari tim hibah kompetisi bahwa setidaknya  progress paling minimal 70% yang telah dilakukan. Diakhir Rektor berharap Indikator Kinerja Utama menjadi target bisa disupport dari kegiatan PKKM.

Sementara itu salah satu perwakilan tim Monev dari Kemdikbudristek, Darlan Nuryadi menyampaikan Untirta sangat layak menjadi pemenang dalam mendapatkan hibah program kompetisi kampus merdeka diantara 142 perguruan tinggi yang melamar. Menurutnya program PKKM ini merupakan program baru hasil modifikasi  dari program PPPTS dimana program ini sebelumnya dikhususkan untuk perguruan tinggi Swasta.”seiring perkembangan waktu ternyata banyak perguruan tinggi negeri kepingin mendapatkan program tersebut untuk itu guna mengakomodir semua maka dibuatlah rogram PKKM”.timpalnya. Terkait agenda Monev di Untirta, Darlan menjelaskan pihaknya akan bertanya secara langsung sehubungan penyerapan dana, program yang diminati, dan kendala kendala yang terjadi. Pihaknya juga meminta pemenang hibah kompetisi menunjukkan hasil belanjanya berupa SPJ yang harus sesuai  dengan RAB dan IKU serta dibuat matriknya.

Ketua Hibah Kompetisi PKKM Untirta, Dr.Ing Rangga Galura Gumelar, M.Si menjelaskan secara rinci progress pelaksanaan kegiatan PKKM yang dilaksanakan  di 3 prodi yaitu Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Teknik Industri, Prodi Pendidikan Biologi serta satu kegiatan ISS (Institutional Support System. Dalam paparannya pada monev ini dijelaskan bahwa semua kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang telah di tetapkan. Pada tahap satu ini semua kegiatan berdasarkan pada 10 total aktivitas yang tercantum pada rencana kegiatan telah terlaksana sebesar 62,7%, dengan total penggunaan anggaran yang terserap sebesar 72,25%, dimana hal ini telah melampaui dari target minimal Kemdikbudristek pada tahap satu minimal 50%. Laporan kemajuan ini dan progress capaian ini telah di upload dan Untirta eligible untuk mendapatkan pencairan tahap 2 sebesar 30%. Team Taskforce yang terbentuk sangat yakin bahwa pelaksanaaan program PKKM ini akan sesuai dengan target yang telah di tentukan mengingat hingga saat ini alhamdulilah tidak banyak mengalami kesulitan. Dukungan dari internal kampus terkait support pada pelaksanaan program PKKM sangat membantu kami. Selain dari itu menurut sekretaris PKKM Dr. Ir Wahyuni Martiningsih, MT sesuai dengan timeline bahwa pelaksanaan program PKKM pada tahap 2 akan selesai pada akhir Nopember 2021. Masih menurutnya porgam PKKM ini secara nyata telah menunjang pada IKU khususnya IKU 1 hingga IKU 7 Universitas yang berkontribusi pada pencapaian Visi dan Misi Universitas, walaupun pada Program PKKM ini belum secara spesifik pada IKU 8, akan tetapi tahapan dari kegiaatan PKKM ini menuju pada IKU 8. Semoga kedepannya program PKKM ini sebagai kolaborasi dari 3 prodi akan memberikan efek kepada prodi lainnya bukan saja di Untirta akan tetapi di PT lainnya.