Tingkatkan Implementasi MBKM, Untirta Gelar Sosialisasi

Diposting pada

Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan kegiatan sosialisasi arah dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan Untirta bertempat di Auditorium Kampus Sindangsari Untirta. Hadir pada kesempatan tersebut Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, Wakil Rektor Bidang I Dr. H. Agus Sjafari, M.Si, Ketua LP3M Prof. Dr.Eng. A. Ali Alhamidi, ST., MT, Kepala BAKP Drs. M.Ganiadi, MM beserta jajaran, Ketua tim task force MBKM Untirta Dr. Yudi Juniardi, M.Pd beserta tim, Wakil Direktur Pascasarjana, para Wakil Dekan, Kaprodi, Sekprodi dan sfat prodi di lingkungan Untirta. (31/8)
Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT diawal sambutan menyampaikan bahwa sivitas akademika harus terus melakukan inovasi, bersinergi, untuk meraih prestasi dengan kepercayaan diri yang tinggi. “Kita harus berlomba untuk dalam kebaikan untuk kemajuan Untirta”, ujarnya. Ia menegaskan bahwa PPKM bukan hari libur, tapi bekerja dari rumah. Selanjutnya ia mengingatkan bahwa Untirta sebentar lagi 40 tahun di tahun ini (1 Oktober 2021), “Mulai 1 September seluruh kegiatan di lingkungan Untirta flyer/spanduknya mencantumkan dalam rangkaian Dies Natalis Untirta ke 40 Tahun Untirta dengan tema bersinergi, berinovasi dan berpresrasi dalam membangun negeri dimasa pandemi covid19”, imbuhnya.
“Saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada bidang akademik beserta jajaran terkait MBKM bagaimana Untirta merespon mandat dari Dikti tentang implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Ia menambahkan bahwa kompetensi prodi tidak akan terabaikan. “Dosen bukan satu-satunya sumber Informasi, kita memberikan motivasi, memfasilitasi dan membuka akses mahasiswa khususnya pada implementasi program MBKM.
WR 1 Untirta Dr. H. Agus Sjafari, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk menyamakan semangat MBKM di Untirta. “Kami berharap sivitas akademika Untirta memiliki persepsi yang sama dalam melaksanakan MBKM di lingkungan Untirta”, ungkapnya. Ia menambahkan bahwa program ini untuk menunjang IKU Untirta khususnya IKU 1 dan 2. Program MBKM yang sudah dilaksanakan meliputi kegiatan dalam dan luar negeri. “Salah satu mahasiswa Untirta atas nama Revina Dea Nanda berhasil mengikuti pertukaran pelajar ke Irlandia (National University of Ireland, Galway) yang merupakan implementasi program MBKM”, tuturnya.

Ketua LPPM Untirta Prof. Ali Alhamidi menyampaikan bahwa Untirta harus memiliki pemahaman yang sama dalam menjalankan program MBKM ini, agar saling sinkron dalam praktek teknis dilapangannya. Prof. Ali juga menjelaskan tentang tujuan dan point penting dalam kegiatan MBKM.
Acara dilanjutkan dengan menghadirkan beberapa narasumber terkait program MBKM di Untirta ini dan ditutup dengan sesi diskusi untuk memantapkan implementasi program tersebut di Untirta.