Targetkan Raihan Akreditasi Internasional, Untirta Gelar Workshop untuk Satukan Komitmen Seluruh Pimpinan

Diposting pada

SERANG – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menghadirkan Prof. Dr. Satria Bijaksana, Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai narasumber Workshop Strategi Meraih Akreditasi Internasional yang diselenggarakan secara daring dan luring di Gedung FISIP, Kampus Untirta Sindangsari pada Selasa, 8 Juni 2021. Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian, dan Hilirisasi Riset, Dr. H. Agus Sjafari, M.Si menuturkan workshop ini diselenggarakan untuk membangun komitmen bersama di antara seluruh pimpinan untuk mempersiapkan dan mengikutsertakan program studi di masing-masing fakultas dalam proses akreditasi internasional. Hal ini sejalan dengan visi Untirta, yakni terwujudnya Untirta sebagai Integrated, Smart, and Green (It’S Green) University yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing di kawasan ASEAN tahun 2030.

 “Untuk mencapai visi rektor, salah satu penilaiannya adalah akreditasi internasional. Kaitannya dengan kegiatan workshop ini adalah agar semua pimpinan memiliki komitmen yang sama agar prodi-prodi yang ada di masing-masing fakultas bisa mengikuti akreditasi maupun sertifikasi internasional.” Ujarnya.

“Selama hampir kurang lebih 2 tahun, kita mensosialisasikan target akreditasi internasional. Itu menjadi bekal yang sangat kuat untuk mempersiapkan akreditasi-akreditasi yang masuk dalam daftar rekomendasi lembaga akreditasi di era Pak Nadiem. Kita akan terus jalan untuk mempersiapkan seluruh borang sesuai dengan standar AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) dengan bimbingan langsung dari assessor, Prof. Dr. Satria Bijaksana.” Terang Rektor Untirta, Prof. Ir. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T, M.T.

Untirta menargetkan setidaknya terdapat satu program studi di tiap fakultas yang mengantongi akreditasi internasional. Dengan diperolehnya akreditasi internasional, dirinya berharap ranking Untirta dapat mengalami peningkatan. Sejauh ini, 3 (tiga) program studi telah diusulkan, yakni Administrasi Publik, Pendidikan Nonformal, dan Matematika.

“Bulan Agustus kita (rencanakan) sudah upload dokumen dari tiga prodi tersebut. Mudah-mudahan akhir atau awal tahun sudah ada visitasi dari penyelenggara. Selain itu, Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi rencananya tahun depan ingin mengikutsertakan beberapa prodinya dalam akreditasi internasional.” Lanjut Dr. H. Agus Sjafari.

Workshop ini dihadiri oleh rektor, para wakil rektor, para ketua lembaga, para dekan, direktur pascasarjana, para sekretaris lembaga, para Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Wakil Direktur I Pascasarjana, Kepala BAKP, Kepala BUKK, para kepala UPT, para ketua jurusan, para korpus LP3M, serta para korpus LPPM. (Humas – Sekar)