Untirta dan BPBD Banten Berkoordinasi Sukseskan Program Pembinaan dan Pendampingan Pasca Bencana di Provinsi Banten Tahun 2021.

Diposting pada

Serang – Untirta dan BPBD Provinsi Banten gelar rapat koordinasi dan konsultasi pelaksanaan pembinaan dan pendampingan pascabencana di wilayah Provinsi Banten, bertempat di ruang rapat kantor BPBD Provinsi Banten (16/4).  Rapat ini merupakan rangkaian pra pelaksanaan kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh tim pembinaan dan pendampingan baik ekonomi, sosial dan fisik. Hadir pada rapat tersebut Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri beserta jajaran tim pembinaan dan pendampinagn ekonomi, sosial dan fisik dari Untirta, serta Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten beresta jajaran.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd pada rapat ini menyampaikan bahwa Untirta meminta kepada BPBD untuk memberikan masukan kepada tim pendamping sosial dan ekonomi yang nanti akan melaksanakan tugas. Ia juga menambahkan bahwa timnya telah melakukan survei lokasi daerah terdampak untuk dapat di tuangkan dalam proposal, sehingga akan terpilih lokasi mana yang tepat untuk melakukan program pembinaan dan pendampingan ini. “Tim sudah survei ke lapangan untuk menentukan lokasi yang tepat untuk menjalankan program, tentunya nanti data yang didapat akan diolah menggunakan metode ilmiah sehingga diharapkan akan terpilih lokasi yang tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan”, ujarnya. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebatas pengabdian kepada masyarakat, tapi juga ada unsur pendidikan dan risetnya, sehingga memberikan kemaslahatan bagi masyarakat terdampak bencana di Banten.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana, ST., M.Si mengatakan bahwa pelaksanaan program BNPB ini harus ada unsur sinergi dan kolaborasi di bawah. “Saya berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan sinergi dan kolaborasi antara Untirta dengan BPBD Provinsi Banten”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa tahun ini sangat mengapresiasi kegiatan ini, “karena kali ini tim Untirta melakukan dokumentasi yang menyeluruh, dari mulai foto, berita dalam bentuk media online dan cetak, semoga ini bisa terus dipertahankan sebagai bukti penting kalau laporan itu nyata”, ujarnya. Semoga masyarakat terdampak bencana di Provinsi Banten dapat merasakan hasil dari program ini dan memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan untuk masyarakat terdampak bencana di Banten khususnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa Program ini merupakan hasil kerjasama antara Untirta dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang meliputi pendampingan sosial di Kabupaten Lebak dan Pandeglang, pendampingan ekonomi di Kabupaten Lebak, pembinaan pendampingan ekonomi di Kabupaten Pandeglang dan pendampingan fisik di Kabupaten Pandeglang.