Untirta dan Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Banten Sepakati Kerja Sama di Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tri Bina Gerakan Pramuka, dan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Gerakan Pramuka

Diposting pada

SERANG (30/03/2021) – Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T dan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Banten, Drs. H. Mohammad Masduki, M.Si. sepakat menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama dalam Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tri Bina Gerakan Pramuka, dan bidang Kegiatan Pembinaan Kemahasiswaan dengan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Gerakan Pramuka. Acara penandatanganan yang dilaksanakan di Gedung Rektorat Kampus Untirta Sindangsari ini dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Untirta, Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd; Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Untirta, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si; Wakil Ketua Kwarda bidang Orgakum, H. Mas Iman Kusnandar; Sekretaris dan Wakil Sekretaris Kwarda Banten; Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan Untirta, Drs. Mochamad Ganiadi, M.M.; Kepala Pusdiklatda Banten; Kepala Sekretariat Kwarda Banten; Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Bidang Kerja Sama dan Humas, Veronika Dian Faradisa, S.E, M.M.; Sub Koordinator Kelompok JF  Kerja Sama, Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt.; Andalan Saka; Ketua Dewan Kerja Kerja Daerah Banten; serta staf kerja sama dan humas Untirta.

Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T menganggap kerja sama ini penting untuk menguatkan aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang selama ini dilaksanakan Untirta. “Tentu saya sudah melihat komitmen bersama yang dituangkan dalam MoU. Saya kira ini sangat strategis. Kerja sama ini penting, terutama untuk penguatan aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang kami terapkan dengan mandatory Kampus Merdeka. Mudah-mudahan menghasilkan kegiatan-kegiatan yang menempa Sumber Daya Manusia yang unggul sesuai dengan karakter yang telah menjadi komitmen” Ungkapnya.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Banten, Drs. H. Mohammad Masduki, M.Si menegaskan pentingnya meningkatkan kualitas untuk mewujudkan tujuan gerakan pramuka untuk mewujudkan tujuan gerakan pramuka, yakni membentuk insan-insan pramuka beriman dan bertakwa, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, sopan, santun, dan taat hukum. Beliau pun menekankan bahwa pembina pramuka haruslah sesuai dengan kriteria-kriteria khusus dan dipadukan dengan ketentuan-ketentuan yang ada di perguruan tinggi.

“Berbicara bagaimana pramuka ke depan, tetap yang harus kita bina adalah meningkatkan kualitas. Di Untirta inilah kami harapkan ada kader-kader Pembina yang bisa membina anak-anak bangsa. Bagaimana ke depannya di Untirta ini bisa betul-betul ditampilkan suatu aktivitas gerakan pramuka yang bisa mendidik calon-calon Pembina Pramuka karena pada dasarnya gerakan pramuka mendukung dan membantu program-program pemerintah dalam rangka menciptakan anak-anak yang berkarakter.” Terangnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa keterbatasan gugus depan dalam membina banyak mahasiswa dapat disiasati dengan membentuk racana-racana dan ambalan-ambalan di Untirta. “Gugus depan kan cuma satu, jadi tidak mungkin bisa menangani begitu banyaknya mahasiswa. Oleh karena itu, kami akan mencoba mensiasati agar di setiap kampus atau fakultas ada racana-racana dan ambalan-ambalan yang bisa kita gerakan untuk bisa beraktivitas.” Harapnya. (Humas – Sekar)