Presiden Resmikan Kampus Baru Untirta Sindangsari

Diposting pada

Serang, (04/03/2021) – Kampus Baru Untirta di Sindangsari Kabupaten Serang Provinsi Banten telah usai diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada kamis (04/03). Presiden beserta rombongan datang tepat pada pukul 15:00 dengan didampingi oleh Mendikbud, Menteri PUPR, dan Kepala KSP sedangkan dari provinsi hadir Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. Presiden Jokowi datang disambut oleh Rektor dan jajaran pimpinan kampus.

Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT dalam sambutannya menjelaskan perihal pembagunan kampus baru Untirta yang didanai oleh loan Islam development bank. “bangunan kampus sindangsari ini didanai oleh loan Islam Development Bank sejumlah 56,9 juta us dollar dan dibangunkan 12 gedung plus additional work pembangunan gedung student centre.”ucapnya. Lebih lanjut Rektor menambahkan Pembangunan kampus baru ini sejalan dengan fokus program presiden yakni pengembangan sumber daya manusia. “Untirta siap membantu mensukseskan program bapak membangun sdm yang siap berkompetisi, berdaya saing secara global dengan juga memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi sigap dan siap untuk menjaga keutuhan NKRI”.ungkapnya.

Sementara itu Presiden RI, Joko Widodo mengungkapkan pembangunan kampus baru Untirta jangan hanya dilihat secara fisik akan tetapi perlunya semangat baru untuk memajukan pendidikan tinggi khususnya di propinsi banten. “memacu kita semuanya untuk berkonsentrasi kepada persiapan menyiapkan SDM unggul untuk memenangkan persaingan dan kompetisi global yang sekarang ini semakin sengit antar negara”.jelasnya. Menurut Presiden, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai perguruan tinggi di banten mewarisi nilai nilai keteladanan dari dua sosok pergerakan di Banten yakni Sultan Ageng Tirtayasa dan syekh nawawi al bantani. “simbol perpaduan kekuatan ulama dan umaro yang mewakili karakter kepemimpinan dan intelektual”kata jokowi. Dalam sambutannya jokowi juga menekankan nilai keteladanan tersebut harus dimplementasikan dalam tri darma perguruan tinggi agar untirta dapat mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan. Kepada Untirta mantan gubernur DKI itu juga mengapresiasi konsistensi kampus dalam menerapkan konsep smart n green university secara nyata dan bersedia memberikan bantuan guna pembangunan embung air di Untirta. “langsung saya jawab iya saya langsung perintah kementerian PUPR, kalau bisa tahun ini paling lambat tahun depan”.jawab jokowi.

Diakhir sambutan presiden jokowi berpesan dengan potensi yang dimiliki Untirta maka Untirta harus berperan sebagai pelopor lompatan kemajuan mengembangkan inovasi dan kreativitas serta membuka diri seluas luasnya terhadap hal hal yang baru dengan bersikap moderat dan menghargai kemajemukan dan kebhinekaan serta menjaga nilai nilai budaya lokal. Sebagai perguruan tinggi Untirta juga diharapkan menjadi menara air dimana hasil penelitian dan inovasi yang dihasilkan kampus bisa dirasakan oleh masyarakat Untuk itu untirta bisa harus ikut ambil bagian dari kerja bersama dengan membangun komunikasi dengan berbagai pihak, meluaskan jejaring dan kerjasama dengan kalangan industri untuk menghasilkan karya yang bernilai tambah. (RDB)