Untirta dan PT KIEC Sepakati Kerja Sama tentang Pengembangan dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia

Diposting pada

CILEGON (16/02/2021) – Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T dan Direktur Utama PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), Priyo Budianto menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pengembangan dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan Teknologi serta Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Wisma Krakatau, Cilegon dengan menerapkan protokol kesehatan. Kerja sama yang disepakati antara Untirta dan PT. KIEC selama jangka waktu 3 (tiga) tahun tersebut melingkupi, tetapi tidak terbatas pada, pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, pemagangan dan beasiswa, asesmen kebutuhan tenaga kerja, serta pemanfaatan sarana dan prasarana.

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T menyatakan keluarga besar PT Krakatau Steel beserta anak-anak perusahaannya telah memberikan kontribusi besar sepanjang perjalanan Untirta dengan turut mengembangkan Fakultas Teknik, mendukung capacity building, dan mendukung pembangunan di lingkungan Untirta. Bersamaan dengan itu, Untirta terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan Tri Dharma Perguruan Tinggi di berbagai aspek sesuai amanah dari para pendirinya.

“Perguruan tinggi harus mengimplementasikan kampus merdeka, sehingga kami merasa hubungan dengan industri harus lebih masif lagi.” Ujar rektor. “Implementasinya, mahasiswa kami bisa mengakses kurikulum di luar kelas. Industri dimungkinkan membantu pengayaan mahasiswa kami.”

 

Tak hanya magang, guna memfasilitasi pembelajaran perkembangan baja, pojok khusus bernama “Krakatau Steel Corner” direncanakan akan didirikan di lingkungan Kampus Untirta Sindang Sari. Di pojok tersebut, pengunjung dapat mempelajari sejarah teknologi baja yang dibangun di Provinsi Banten beserta proses pengembangannya, serta riset-riset yang dikembangkan.

Di sisi lain, Direktur PT. KIEC, Priyo Budianto menuturkan bahwa kesenjangan pendidikan dan kesempatan kerja masih menjadi isu utama yang memerlukan solusi, sehingga kerja sama yang terjalin antara PT. KIEC dan Untirta diharapkan dapat melahirkan suatu pemecahan masalah. “Mudah-mudahan dalam kerja sama yang lingkupnya cukup luas ini bisa menghasilkan suatu kerangka kerja sama yang bisa memecahkan masalah ketenagakerjaan.” Harapnya.

Pada acara penandatanganan tersebut turut hadir Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Untirta, Dr. H. Aceng hasani, M. Pd; Direktur Pengembangan Usaha PT KIEC, Iip Arief Budiman; Direktur SDM & Keuangan PT KIEC, Dazul Herman; Direktur Operasi dan Komersial PT. KIEC, Ridi Djajakusumy; Dekan Fakultas Teknik Untirta, Prof. Dr. –Ing Asep Ridwan S.T., M.T; dan Kepala Sub Bagian Kerja Sama Untirta, Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt. (Humas – Sekar)