Akselerasi Wujudkan Visi Smart, Green and Sustainability Campus, Untirta Gelar Workshop

Diposting pada

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar Workshop Smart and Green Kampus Bebasis UI Green Metric World University Rankings dengan menghadirkan Narasumber Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari selaku Ketua UI UI Green Metric World University Rankings. Hadir pada kegiatan workshop tersebut Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, Wakil Rektor Bidang II, Para Ketua Lembaga, Para Dekan, Ketua dan Sekretaris UPT Smart and Green dan Untirta Green Metric serta mahasiswa duta smart and green Untirta tahun 2020. (7/1/21)

Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT dalam arahannya menyampaikan bahwa Untirta berkomitmen lewat visi dan misinya untuk membangun kampus yang smart, green dan sustainable. Seluruh yang hadir baik luring maupun daring punya kesepahaman kedepan untuk membuat kampus Untirta smart and green. “Di kampus baru ini (Kampus Untirta Sindangsari) akan menjadi model kampus smart and green sustainability di kawasan ASEAN tahun 2030”, ujarnya.

Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari menyampaikan materi Governance of Green and Healthy Lifestyle in Sustainable Campus. Di awal materi beliau menyampaikan bahwa semua lembaga pendidikan saat ini sangat berkompetisi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. “Saya yakin target 2030 Untirta menjadi kampus yang smart green and sustainable di Kawasan ASEAN dapat terwujud dengan semangat kebersamaan jiwa dan raga”, ujarnya. Beliau juga menambahkan bahawa penggunaan teknologi terbaru menjadi penting. Selain itu semangat mahasiswa sangat mempengaruhi perkembangan kampus agar sustainable. “Raga saja seperti bangunan fisik masih belum cukup untuk mewujudkan green campus, tetapi harus ditunjang pula dengan jiwanya/isinya seperti SDM yang mumpuni dan mendukung, sehingga akan membuat Untirta smart, green dan sustainable di Kawasan ASEAN tahun 2030. “Saya melihat Untirta sebagai kampus masa depan, karena saat ini saja gedungnya sudah menggunakan teknologi terkini”, ujarnya.  Namun demikian isu dan tantangan menjadikan kampus smart, green and sustainable harus sangat amat diperhatikan. “Isu dan tantangan tersebut diantaranya biaya perawatan kampus, kebersihan keindahan dan keselamatan, manajemen pengelolaan kampus dan kesadaran lingkungan yang bersih, sehat, aman dan berkelanjutan”, paparnya.

Untirta berkomitmen terus meningkatkan kualitas sesuai dengan visi misi Untirta sebagai Universitas yang smart, green dan sustainable di Kawasan ASEAN Tahun 2020 dengan semangat kebersamaan.