Kemenpora dan Untirta Siap Bekerjasama

Diposting pada

Serang – Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melakukan pembahasan draf nota kesepahaman tentang pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dibidang kepemudaan dan keolahragaan. Pembahasan dilakukan secara daring yang dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan Esa Sukma Wijaya dan Kepala Biro Keuangan Kemenpora Subroto beserta jajaran dan Wakil Rektor Bidang 4 Untirta beserta jajaran (4/12).

Kepala Biro Perencanaan Kemenpora Eka Sukma Wijaya menyampaikan arahan terkait beberapa hal yang penting dalam bentuk kerjasama. “Ada tiga hal yang harus masuk dalam isi kerjasama ini yaitu terkait pemuda, olahraga dan pramuka”, ujarnya. Beliau menambahkan bahwa kerjasama ini harus sesuai dengan dengan prinsip dalam peningkatan efektifitas tata kelola. “MoU antara Kemenpora dengan Kemendikbud tinggal ditandatangan oleh Menpora, semoga dalam waktu dekat dan kita dapat langsung action lewat PKS”, harapnya. Banyak teknis kegiatan yang dapat dilakukan setelah adanya PKS seperti kuliah kerja nyata (KKN) bina pemuda Desa, peningkatan pertanian dengan memanfaatkan teknologi dan kegiatan positif lainnya yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pemuda dan olahraga khususnya untuk mahasiswa dan pemuda di Banten untuk mensuport program Nasional.

Wakil Rektor Bidang 4 Untirta Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd menyampaikan bahwa Untirta merespon positif atas yang di sampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan Kemenpora terkait poin-poin penting dalam kerjasama. “Saat ini Untirta sudah memiliki prodi ilmu keolahragaan yang dapat dimanfaatkan dalam melakukan beberapa program dari PKS yang ananti akan disepakati”, ujarnya. Beliau juga menambahkan bahwa Untirta sudah memiliki Desa binaan yang nantinya dapat dikembangkan melalui kerjasama dengan Kemenpora. “Untirta juga sudah melaksanakan KKN tematik bekerjasa dengan Kementerian dan Lembaga Nasional lainnya, dengan kerjasama ini membuka tema baru terkait kepemudaan dan keolahragaan”, imbuhnya. Beliau yakin bahwa potensi yang dimiliki Untirta dengan support dari Kemenpora dapat memberikan kontribusi positif dalam membangun pemuda, olahraga dan bangsa.

Pembahasan draf dilakukan dengan cara seksama, membahas detail pasal perpasal yang tertuang dalam draf nota kesepahaman. Direncanakan kerjasama ini akan ditandatangani di tahun 2020 ini dengan jangka waktu empat tahun.