Sekretariat Kabinet RI Tinjau Implementasi Kampus Merdeka di Untirta

Diposting pada

Kamis, 12/11 – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mendapatkan kunjungan monitoring dan evaluasi pemantauan kebijakan kampus merdeka dari Secretariat Kabinet Republik Indonesia bertempat di ruang rapat 2 Rektorat Kampus A Pakupatan Serang yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. H. Agus Sjafari, Kepala bIdang Pendidikan Tinggi Sekretariat Kabinet RI Hendra Wati Soesabdo, SH., M.Kn beserta tim yang berjumlah emapt orang, para Wakil Dekan I dan perwakilan carier center Untirta.

Pada awal sambutan, WR I Untirta menyampaikan bagaimana implementasi kampus merdeka di Untirta “Sebelum adanya program kampus merdeka, sebetulnya Untirta sudah menjalankan program kegiatan yang masuk katagori kampus merdeka salah satunya seperti magang bagi mahasiswa Faperta ke luar negeri selama satu semester mulai tahun 2019”, ujarnya. Beliau berharap pada semester dua nanti seluruh Fakultas di Untirta sudah dapat menjalankan program kampus merdeka berlandaskan buku panduan yang telah Untirta miliki. “Kami sudah melaunching buku panduan kampus merdeka yang mengikuti kebijakan Kemdikbud untuk memudahkan Fakultas dan jurusan dalam mengaplikasikan program kampus merdeka”, imbuhnya. Khusus program magang, Untirta juga rutin melaksanakan monitoring ke perusahaan tempat magang para mahasiswa. Selain itu Untirta juga sedang membuat Indikator Kinerja Utama (IKU) yang mengacu kepada delapan indicator kampus merdeka.

Hendra Wati Soesabdo, SH., M.Kn selaku perwakilan tim pemantauan program ampus merdeka di Provinsi Banten dari Sekretariat Kabinet RI menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kedatangannya di Untirta yaitu untuk memantau kesiapan perguruan tinggi khususnya di Banten atas kebijakan kampus merdeka yang merupakan program baru dalam bidang pendidikan. “Program merdeka belajar kampus merdeka merupakan terobosan baru, sehingga tim pemantau yang hadir di sini dapat melihat dan memantau secara komperhensif aplikasinya di bawah untuk nantinya kami dapat memberikan saran dan masukan kepada pimpinan dan Kemdikbud hasil dari pemantauan ini”, ujarnya.

Selanjutnya para Wakil Dekan bidang Akademik memaparkan implementasi kampus merdeka di Fakultasnya masing-masing agar tim pemantau mendapatkan data yang valid dan detail untuk menjadi bahan laporan terkait kampus merdeka di Provinsi Banten. Selain itu juga Untirta meramu kurikulum yang di dalamnya ngandung beberapa program penting baik dari pusat maupun internal Untirta seperti muatan revolusi mental, kampus merdeka, food security dan yang terakhir yaitu terkait smart and green campus yang menjadi visi Untirta saat ini.