Hari Pertama SMMPTN Barat 2020 di Untirta

Diposting pada

Serang, 25/08/2020 – Dalam rangka melaksanakan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana  Pada Perguruan Tinggi Negeri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) menyelenggarakan Seleksi Mandiri bersama PTN-PTN di Wilayah Barat. Seleksi mandiri tersebut dikenal dengan SMMPTN-Barat 2020 (Seleksi Mandiri Masuk PTN Wilayah Barat) yang diikuti oleh 16 PTN mulai dari Aceh hingga sebagian Kalimantan. Pada tahun 2020 ini, UNTIRTA dipercaya sebagai Sekretariat SMMPTN-Barat, dengan Rektor UNTIRAT sebagai Sekretaris. SMMPTN-Barat ini merupakan jalur seleksi lainnya yang mendapatkan kuota penerimaan 30%.

Pendaftaran peserta SMMPTN-Barat dimulai pada bulan Juli hingga 22 Agustus 2020. Sampai pada hari terakhir pendaftaran tercatat 25.316 peserta terdaftar, dan pendaftar UNTIRTA menempati posisi tertinggi yang mencapai 5.006 peserta. Ujian SMMPTN-Barat 2020 ini dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Agustus 2020, dan Rabu, 26 Agustus 2020. Ujian terdiri atas empat (4) sesi yang masing-masing hari terdiri atas dua sesi ujian. Setiap sesi ujian diiukuti oleh peserta yang berbeda. Dengan demikian setiap peserta hanya mengikuti ujian dalam satu sesi dalam durasi waktu 105 menit. Sesi pagi dimulai pada jam 08.30 dan sesi siang dimulai pada jam 14.00.

Dalam situasi pandemi COVID-19 pada tahun 2020 ini, panitia telah melakukan prosedur dan protokol COVID-19. Prosedur pertama yang ditempuh adalah pengajuan ijin penyelenggaraan kepada Gugus COVID Provinsi Banten dan Gugus COVID Kota Serang. Selain itu panitia telah membentuk Tim Medis yang mengelola pelaksanaan protokol kesehatan. Peserta di tiap ruangan ditentukan 10 orang agar protokol jaga jarak dapat terpenuhi. Peserta diwajibkan menggunakan masker dan disarankan menggunakan sarung tangan. Sebelum pelaksanaan ujian, semua ruang ujian disemprot dengan cairan disinfektan untuk sterilisasi. Pada saat peserta datang ke Kampus UNTIRTA peserta dicek suhu tubuhnya menggunakan thermo gun.

Pada hari pertama pelaksanaan ujian SMMPTN-Barat pada tanggal 25 Agustus 2020 berjalan dengan lancar. Untuk menghindari kerumunan, UNTIRTA menggunakan tiga lokasi ujian yaitu Kampus A di Pakupatan, Kampus C di Ciwaru, dan Kampus D di Kepandean. Setiap lokasi dikoordinir oleh seorang Penanggungjawab Lokasi dan dibantu oleh beberapa orang Penanggungjawab Sub Lokasi. Setiap ruang ujian diawasi oleh seorang pengawas yang terdiri atas dosen dan tendik di lingkungan UNTIRTA. Panitia berharap, pelaksanaan di hari kedua, tanggal 26 Agustus 2020, juga berjalan dengan lancar dan aman. (Supriyanto-Untirta)