Untirta Press dan Ikapi Banten Jalin Kerja Sama

Diposting pada

SERANG – Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Banten dan  Pusat Penerbitan dan Percetakan Karya Ilmiah Untirta Press sepakat menjalin kerja sama dalam rangka meningkatkan dunia penerbitan buku di Banten. Kerja sama tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan nota kesepakatan antara Direktur Untirta Press, Firman Hadiansyah dan Ketua Ikapi Banten, Andi suhud Trisnahadi, di Kantor Untirta Press, Kampus Untirta Pakupatan, Kota Serang, Senin (13/7/2020). Kesepakatan kerja sama ini juga dalam rangka meningkatkan, mengembangkan dan penerapan tridarma perguruan tinggi, serta untuk meningkatkan kualitas sumber daya dan kelembagaan.

Menurut Firman, nota kesepakatan antara Untirta Press dan Ikapi Banten merupakan sebuah langkah strategis dalam peningkatan penerbitan di Banten. Ia menambahkan, sebagai lembaga penerbitan yang berada di naungan kampus, harus juga bersinergi dengan berbagai pihak demi kemajuan literasi di Banten.

“Nota kesepakatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang terbaik bagi Banten. Tentu saja ke depan ada banyak yang bisa kita lakukan di antaranya seperti pelatihan dan kualifikasi sertifikasi penulis dan editor. Jadi semua calon penulis yang bukunya akan diterbitkan Untirta Press diharapkan memiliki sertifikasi penulis sehingga akan memudahkan kami untuk menata dan mengedit buku sebelum cetak,” kata Firman.

Sementara itu, Andi mengatakan, kerja sama atau nota kesepakatan dengan Untirta Press ini merupakan angin segar dan harapan baru bagi Ikapi untuk memajukan perbukuan di Banten.  “Kebetulan Untirta Press juga sedang menempuh proses untuk menjadi anggota Ikapi. Kami menyambut baik dan gembira karena Untirta Press bisa memberi harapan kita untuk kemajuan literasi di Banten,” kata Andi.

Menurut Andi, adapun terkait nota kesepakatan ini merupakan kerja sama dengan lembaga Untirta secara keseluruhan dengan fasilitas dan nama besarnya. Hal ini tertuang dalam Pasal 2 kesepakatan seperti pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, penerbitan buku, pameran buku, pembangunan dunia literasi, seminar/workshop, publikasi karya ilmiah, uji kompetensi penulis dan editor serta kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak.

“Bagi kami ini sebuah kerja sama yang sangat baik apalagi dalam hal literasi. Jadi banyak hal yang terkait dengan kegiatan Ikapi terutama di persoalan tempat dan Untirta sebagai pencerahan bagi kami. Mudah-mudahan gairah perbukuan di Banten  lebih baik lagi,” ujarnya.

Rektor Untirta, Fatah Sulaiman mengungkapkan, dengan adanya nota kesepakatan antara Untirta Press dan Ikapi Banten adalah sebuah terobosan baru bagi Untirta. Sebab, selama ini, Untirta Press baru menjadi Asosiasi Penerbitan Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI).

“Terima kasih kepada Ikapi Banten, semoga dengan kerja sama yang sudah terjalin ini Untirta Press bisa semakin berperan aktif dalam bidang penerbitan dan percetakan karya ilmiah, khususnya di Banten. Bagi kami ini adalah kerja sama yang sangat berarti, apalagi jika nanti dengan masuknya Untirta Press menjadi anggota Ikapi adalah sebuah pencapaian yang bagus bagi kemajuan Untirta,” ungkapnya.(*)