Sepakat Laksanakan Orientasi Mahasiswa secara Daring, Untira Diskusikan Konsep Pengenalan Kehidupan Kampus

Diposting pada

SERANG (23/06/2020) – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karier dan Hubungan Alumni, Dr. H. Suherna, S.P., M.Si memimpin rapat koordinasi Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 di Ruang Rapat Gedung Rektorat Kampus Pakupatan Untirta. Pada rapat yang dihadiri oleh Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Tb. Bahtera R., S.E., M.Si.; Kepala Bagian Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Roudohtul Janah, S.E.; Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Herry Sandjaya., S.E., M.M.; Kepala Sub Bagian Humas, Veronika Dian Faradisa, S.E., M.M.; beserta para staff kemahasiswaan tersebut, ditentukan konsep pelaksanaan acara, tema acara, serta susunan kepanitiaan PKKMB tahun 2020.

Dr. H. Suherna, S.P., M.Si menyatakan bahwa PKKMB bertujuan membantu proses adaptasi siswa menjadi mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu mandiri ketika memasuki dunia kampus. “PKKMB memberikan bekal awal (kepada) mahasiswa (yang) kelak akan menjadi alumni. Ini bagian daripada proses siswa masuk perguruan tinggi.” Ujarnya. Selain itu, PKKMB bertujuan (1) Menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat sesuai 4 (empat) pilar kebangsaan; (2) Memperkenalkan sistem dan pembelajaran dan kehidupan civitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tingi; (3) Memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pra-dewasa, bagi diri, lingkungan, dan sekitar; (4) Mewujudkan kampus yang ramah, inklusif, aman, dan sehat; (5) Memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar: Kampus Merdeka; (6) Merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab; (7) serta Mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile learner).

Dalam rangka mendukung penerapan kebijakan new normal dalam menyikapi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, kegiatan PKKMB tahun 2020 akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dengan mengusung tema “Membentuk Mahasiswa yang Smart dan Green Campus di Era New Normal”. Kegiatan PKKMB 2020 akan dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan mahasiswa yang lolos melalui jalur SNMPTN terlebih dahulu. “Kita akan per jalur. Jalur SNMPTN dulu. Kita akan buka satu kali kegiatan PKKMB, dari fakultas juga satu hari. Nanti jalur SBMTN juga kita adakan, bisa dua kali atau bisa satu kali tergantung kuota zoom meeting.” Ujarnya.

Kegiatan PKKMB diharapkan dapat menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental, yakni Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu. Dengan demikian, materi kegiatan PKKMB 2020 dirancang dan disesuaikan untuk mendukung dan wewujudkan harapan tersebut, yakni meliputi pembinaan kesadaran bela negara, kehidupan berbangsa dan bernegara, dan gerakan nasional revolusi mental.

Pada rapat tersebut, disepakati (1) Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karier dan Hubungan Alumni, Dr. H. Suherna, S.P., M.Si sebagai Ketua Pelaksana, (2) Kepala BAKP, sebagai Wakil Ketua Pelaksana, (3) Kabag Akademik dan Kemahasiswaan sebagai Sekretaris, dan (4) Para Wakil Dekan 3 tiap-tiap fakultas sebagai Koordinator. Kegiatan PKKMB 2020 dipastikan akan melibatkan sivitas akademika Untirta, yakni dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. (Sekar – Humas)