UPZ Rumah Amal Masjid Syeikh Nawawi Al-Bantani Kampus Untirta Gelar Workshop Tata Kelola Masjid Kampus dan Pemberdayaan Masyarakat

Diposting pada

Serang- UPZ Rumah Amal Masjid Kampus Syeikh Nawawi Al-Bantani menggelar Workshop Tata Kelola Masjid Kampus dan Pemberdayaan Masyarakat dengan tema “Menuju Masjid Pelopor Inovasi dan Transformasi dalam mengatasi permasalahan umat”di Rumah Makan S’Rizki, Ciceri, Kota Serang, Selasa (04/12/2019).

Kegiatan ini menghadirkan para praktisi dalam bidang filantropi seperti, Indah Prihanande, SE selaku Direktur LAZ Harfa dan Abdul Ghofur, SE selaku Direktur PPPA Daarul Qur’an sebagai pembicara.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 70 orang peserta takmir masjid kampus yang terdiri dari kalangan mahasisawa dan dosen Pendidikan Agama Islam.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Masjid Kampus, Dr. H. Fadlullah S.Ag, M.Si. Dalam sambutannya, ia menekankan tentang urgensi gerakan kembali ke masjid dan menjadikan masjid sebagai pusat peradaban Islam yang dilandasi literasi Al-Quran dan visi kemakmuran lahir batin.

“Tujuan penyelenggaraan workshop ini adalah penyamaan persepsi dan penyusunan program aksi bersama memakmurkan masjid dengan aktivitas pengkajian pendidikan pemberdayaan dan pelayanan sosial”, tegas Dr. H. Fadlullah S.Ag, M.Si.

“Di sisi lain, dengan adanya workshop ini, memperkuat komitmen, intregitas, dan kompetensi takmir masjid dalam merancang dan mengeksekusi program sehingga tepat sasaran dan tepat guna. Artinya Masjid Kampus harus berdaya dengan SDM unggul dalam pengelolaan zakat dan sedekah”, lanjutnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan tentang tata kelola masjid dan pemberdayaan masyarakat oleh Indah Prihanande, SE dan Abdul Ghofur, SE kepada seluruh peserta. “Ada 3 langkah dalam manajemen masjid yaitu pemetaan, pelayanan, dan pemberdayaan sehingga dapat terealisasinya progam masjid kampus dengan baik”, Ujar Indah

Sementara itu, Taswiyah M.Ag salah satu dosen PAI Untirta yang menjadi peserta dalam kegitan tersebut mengatakan “ Agenda ini sangat bagus, peserta disini juga antusias untuk  menjadi relawan dalam hal ini dana amal dan dana ini di kelola untuk kepentingan umat”.

Selain itu, Gladys Anggriana salah satu mahasiswa Untirta mengtakan “Kegiatan ini sangat menyenangkan. Kita tau tata kelola masjid langsung dari pembicara baik itu dari LAZ Harfa dan dari sisi fundraisingnnya. Sehingga kita bisa mengelola masjid kampus dengan baik serta memberikan dampak juga kepada masyarakat”.(Anas-Humas)