Prodi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Untirta Selenggarakan Workshop Penulisan Jurnal Penelitian

Diposting pada

Serang,(27/9/2019) Direktur Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa membuka acara  dan memberikan sambutan mengatakan bahwa berdasarkan UU no.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 60 yaitu dosen dalam melaksanakan tugasnya keprofesionalan, dosen berkewajiban antara melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat UU no 12 tahun 2012tentang perguruan Tinggi pasal 12 ayat 2 bahwa dosen sebagai ilmuwan memiliki tugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah serta menyebarluaskannya. Ayat 3 Dosen wajib melakukan publikasi ilmiah sebagai salah satu sumber belajar. Pemenristekdikti  No.20 tahun 2017 tentang tunjangan profesi Dosen dan tunjangan kehormatan Profesor mewajibkan dosen yang memiliki jabatan akademik Lektor Kepala dan Profesor untuk melakukan publikasi ilmiah . Kewajiban melakukan publikasi ilmiah ini adalah kewajiban dosen sebagai ilmuwan yang wajib mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan menyebarluaskan kepada masyarakat. Hal ini juga dengan pengaturan Menpan RB No 17 tahun 2013 akademik Asisten Ahli, atau kenaikan jabatan dari Asisten Ahli ke lektor,atau lektor ke Lektor Kepala harus memiliki publikasi ilmiah. Beliau menyampaikan dan memohon doanya semoga akan segera dibuka program S3 di Untirta sambil menunggu persetujuan dari Kemenristekdikti, tutupnya.

                     Dr.Luluk Asmwati ,M.Pd Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan sekaligus ketua pelaksana kegiatan ini menyampaikan laporan kegiatan. Pentingnya publikasi hasil penelitian bagi dosen dan mahasiswa program magister bahwa di dalam standar akreditasi program studi dituntut kinerja dosen dan mahasiswa dalam bentuk publikasi artikel ilmiah ke dalam jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. Kinerja dosen menjadi kinerja program studi,pascasarjana, dan Untirta. Adanya regulasi bahwa lulusan magister harus memublikasikan artikel ilmiah juga menjadi tujuan kegiatan workshop ini. Penulisan jurnal penelitian adalah upaya mensosialisasikan hasil temuan dari kajian atau penelitian bedasarkan bukti kebenaran ,fakta data di lapangan baik di tingkat lokal nasional, dan internasional. Publikasi yang berkualitas dan trindek mempengaruhi reputasi dan fisibiitas perguruan tinggi di mana dosen tersebut bertugas. Menurutnya dosen harus memiliki kemampuan menulis ilmiah terbitan berkala .Kegiatan workshop penulisan jurnal penelitian di laksanakan di Audutorium gedung B  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa kegiatan di laksanakan pada hari jumat 27 september 2019 kegiatan ini di ikuti olah dosen dan mahasiswa program studi teknologi pendidikan angakatan tahun 2017,2018,2019. Harapan warkshop ini adalah memberi keterampilan kepada dosen dan mahasiswa untuk mampu meningkatkan jumlah publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal Internasional bereputasi sehingga dapat mendorong Untirta mampu bersaing dengan perguruan tingggi negri lainnya di Indonesia pada khususnya.

Guru Besar Teknologi Pendidikan Pascasarjana Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd dalam kesempatan sambutan menyampaikan salah satu komponen penilaian untuk menaikan peringkat itu dan mudah-mudahan dengan kegiatan ini ada yang dihasilkan pada jurnal terindekfokus sehingga dapat menaikan kembali pemeringkatan berdasarkan oleh kemenristekdikti.

Narasumber Dr. Firmanul Catur wibowo, M.Pd dalam paparannya mengatakan ikatlah ilmu dengan menuliskannya, kalau kita ingin jadi akademisi, mahasiswa atau dosen. Menurutnya dosen yang serius adalah dosen yang memiliki Publikasi, kalau dia fokus mengajarnya mana harus ada produk-produk karya bahan ajarnya, kalau fokus meneliti mana publikasinya, Publikasi  baik nasional dan Internasional adalah kewajiban menjadi akademisi. Pada penutup materi yang disampaikan beliau berharap Untirta bisa masuk 50 besar dalam dunia scofus di Indonesia. ( Anas-Humas )