FK Untirta Selenggarakan Workshop Sosialisasi dan Persiapan Modul

Diposting pada

Program studi (Prodi) Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) selenggarakan workshop sosialisasi dan persiapan modul semester 1 dan 2 di Gedung Centre of Excellent (CoE) kampus Cilegon.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Dr. Saptawati Bardosono, M.Sc selaku Dekan FK Untirta, berlangsung selama 2 hari dimulai dari tanggal 26 sampai dengan 27 september 2019. pada kesempatan sambutannya Dekan FK Untirta menyampaikan ini merupakan lokakarya bagi para dosen baik pengampu dari FK Universitas Indonesia (UI),FK Untirta dan dosen luar biasa yang berasal dari rumah sakit umum daerah (RSUD) Cilegon, sebagai event untuk dilakukan sosialisasi terkait modul-modul di semester 1 dan 2, beliau berharap para dosen mengetahui tentang role model FK UI, siap menjadi narasumber, fasilitator dan tutor untuk mahasiswa/i FK Untirta.

dr. Rukman Abdullah, M.pd. Ked selaku Ketua Prodi FK Untirta menambahkan workshop biasa dilakukan di FK UI pada setiap awal semester, beliau menerangkan detil bahwa pada kegiatan ini juga turut mengundang dosen-dosen dan staf-staf yang terlibat di setiap semester untuk updating buku rancangan pengajaran yang nanti diturunkan menjadi modul modul-kuliah, sehingga pada pelaksanaan semester kedepan sudah ada kesepakatan bersama mengenai jadwal, isi, pemicu di sistem, problem best learning, sehingga terwujudnya kesinkronan, tidak akan ada lagi perbedaan faham saat semester berjalan, kita akan mengadopsi kebiasaan baik FK UI yang seperti ini, beliau menerangkan output kegiatan ini adalah mikro kurikulum, buku rancangan pengajaran, modul ajar, sehingga nantinya bisa menjadi panduan bagi setiap staff pengajar. Pada akhir katanya beliau berharap FK Untirta bisa belajar optimal dari FK UI sehingga nanti kualitasnya bisa menyamai UI.

Pada hari pertama workshop membahas tentang gambaran kurikulum dan peran dosen dalam pelaksanaan kurikulum PSPD FK Untirta oleh dr. Rita Mustika, M.Epid, buku rancangan pengajaran dan pengelolaan modul terintegrasi oleh dr. Dina Muktiarti, Sp.A(K), metode pengajaran collaborative learning dalam modul semester I oleh dr. Erfi Prafiantini, M.Kes, setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan diskusi modul pembelajaran dewasa dan literasi kesehatan, modul komunikasi kesehatan dan kolaborasi, modul etika dan hukum, serta modul gizi dan kesehatan. Pada hari kedua workshop membahas tentang gambaran kurikulum dan peran dosen dalam pelaksanaan kurikulum PSPD FK Untirta oleh dr. Ardi Findyartini, Ph.D, buku rancangan pengajaran dan pengelolaan modul terintegrasi oleh dr. Oktavinda Safitry, Sp.F., M.Pd.Ked, metode pengajaran collaborative learning dalam modul semester II oleh dr. Sophie Yolanda, M.Biomed, setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan diskusi modul metodologi penelitian kesehatan, modul pengelolaan bencana, modul ilmu biomedik dasar, modul biomolekuler, sel, genetika.

Kegiatan diakhiri dengan pleno adaptasi modul-modul semester I dan II Prodi Dokter FKUI untuk PSPD FK Untirta serta rencana pelaksanaan.