PUI PT Untirta Selenggarakan ICFSI ke-3

Diposting pada

Pusat unggulan ilmu pengetahuan dan teknologi (PUI) perguruan tinggi (PT) universitas sultan ageng tirtayasa (Untirta) selenggarakan international confrence on food security (ICFSI) ke-3 di Hotel Ledian kota Serang Banten.

ICFSI ke-3 pada kesempatan kali ini bertemakan tentang memikirkan kembali tujuan pembangunan berkelanjutan, pergantian iklim, pertanian, perkebunan, maritim dan pemberdayaan sumber daya lokal untuk inovasi pangan global. Seminar internasional ini menghadirkan 5 pembicara utama seperti diantaranya Prof. Dr. Janet Mclntyre-Mills dari Flinders University Australia, Prof. Yutaka Kitamura, Ph.D dari Tsukuba university Jepang, Prof. Nazamid Saari, Ph.D dari University Putra Malaysia, Prof. Dr. Ir. Umar Santoso., M.Sc dari Universitas Gajah Mada, Dr. Rida Oktorida dari Untirta.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Untirta Dr. H. Fatah Sulaeman, ST., MT, pada sesi penyampaian sambutan beliau menyampaikan bahwa ketahanan pangan telah menjadi masalah global, jika tidak ditangani secara benar sangat berdampak pada multi sektor, beliau menerangkan tentang banyaknya permasalahan yang terjadi dengan makanan seperti diantaranya ketersediaan makanan, perubahan fungsi lahan, pertumbuhan populasi manusia dan perubahan iklim, menurut pendapatnya pemetaan masalah ketahanan pangan di Indonesia dibagi menjadi dua dimensi, contohnya seperti bagaimana orang dapat mengakses makanan dengan harga terjangkau, di sisi lain bagaimana perlindungan petani dapat dilindungi, hampir setiap tahun, kami sibuk dengan pro dan kontra dari impor makanan, mulai dari beras, daging sapi, kedelai dan bawang merah, dalam menanggapi masalah tersebut Untirta dalam kolaborasi dengan islamic developmet bank (IsDB) menyelenggarakan ICFSI ke-3, dengan tujuan untuk mengembangkan, mengoptimalkan, belajar secara mendalam berbagai studi kasus yang berkaitan untuk upaya mencapai ketahanan pangan di negara berkembang dalam menghadapi ketahanan pangan global.

Adapun peserta ICFSI ke-3 diantaranya adalah dari kalangan peneliti dari berbagai bidang keilmuan yang pada khususnya tertarik dalam ketahanan pangan, para dosen, mahasiswa pascasarjana, jumlah presenter pada confrence ini sebanyak 40 orang, akan dipublish tulisan ini di publisher thompson / pocidingnya akan terindeks thompson reuteurs, dihadiri juga oleh unsur pimpinan struktural Untirta seperti diantaranya Wakil Rektor bidang kerjasama dan sistem informasi, serta kepala biro akademik, kerjasama dan perencanaan (BAKP), Direktur project management unit (PMU) IsDB Dr. Suseno Amin, Direktur eksekutif project implementation unit (PIU) IsDb Dr. Eng. Agung Sudrajat, MT, IsDB, tutur Prof. Dr. Meutia, SE., MP, terselenggaranya ICFSI ke-3 dan terkumpulnya paper terkait food security ini juga merupakan kinerja dari PUI PT Ketahanan Pangan Untirta, harapannya semoga terbangun kolaborasi riset antar dosen baik di dalam negeri maupun luar negeri, tambahnya.