Grand Final Duta UNTIRTA 2018

Diposting pada

Serang, 04 Oktober 2018 dilaksanakan Grand Final Pemilihan Duta Kampus Untirta Tahun 2018 bertempat di Auditorium Gedung B Untirta Kampus Pakupatan Serang. Kegiatan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untirta Dr. H. Suherna., M.Si, Kabag Perencanaan, Kerjasama dan Humas Sutji Ati, S.Pt., MM, Kasubag Humas Untirta Fitri Damyati, ST., MM, para staf humas, 9 pasang FInalis Duta Untirta 2018, ikatan duta Untirta dan para mahasiswa Untirta.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR3) Dr. H. Suherna., M.Si membuka secara resmi perhelatan tersebut. Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa Pemilihan Duta Untirta ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka Dies Natalis Untirta. “Duta Kampus merupakan kebanggaan kita semua, karena ini merupakan delegasi Fakultas dan selain itu ada penyaringan yang ketat dan penilaian pada saat masa prakarantina, karantina dan sekarang ini yaitu grand final”, ujarnya. WR3 juga menyampaikan bahwa Duta Kampus harus memiliki karakter. “Duta Kampus juga harus cageur/sehat, bener/benar, bageur/baik, pinter/pintar”, ujar WR3. Selain itu duta kampus juga harus memiliki wawasan yang luas.

Peserta dinilai oleh juri yang kompeten yaitu : Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi (WR4) Untirta Prof. Dr. H. Kartina, AM., MP, Cipto Hadi Prawiro, S.Pd (Ikatan Duta Untirta), Putri Novalianita, S.E (Lulusan Sekolah Keribadian John Robert Powers) dan Indah Novianti, SE,. MM (4idea). Prof. Dr. Hj. Kartina, AM., MP pada kesempatan tersebut mengatakan sangat bangga dengan seluruh finalis Duta Untirta tahun 2018. “Semuanya adalah yang terbaik yang Untirta miliki dari 6 Fakultas yang ada di Untirta. Para finalis telah melewati proses panjang dari mulai prakarantina, karantina, malam bakat dan saat ini grand final”, ujar WR4. Beliau juga menambahkan bahwa finalis diharapkan dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dalam setiap prosesnya dan dapat menjadi brand ambassador Untirta yang berkualitas dan tertanam dalam dirinya nilai JAWARA (Jujur, Amanah, Wibawa, Adil, Religius dan Akuntabel). “Hasil akhir penilaian bukan hanya dari yang mereka tampilkan hari ini saja, tetapi setiap tahapan prosesnya itu semua menjadi banhan penilaian untuk menentukan Duta Untirta terpilih tahun 2018”, tutupnya.

Secara detail, tahapan pemilihan Duta Untirta tahun 2018 yaitu dimulai dari tahap Prakarantina Duta Untirta 2018 dilaksanakan kurang lebih 2 minggu. Pada tahap ini seluruh finalis diberikan materi seputar wawasan Keuntirtaan, Kebantenan, kepribadian, intelejensi umum, catwalk, tugas dan fungsi Duta Untirta sesuai dengan pengalaman dari ikatan Duta Untirta yang telah memiliki pengalaman sebelumnya. Tahap selanjutnya yaitu Karantina, panitia menyipakan narasumber yang kompeten dibidang kepribadian, public speaking, modeling dan keUntirtaan serta Kebantenan, kegiatan ini dilaksanakan 1 hari. Tahap ketiga yaitu malam bakat, pada tahap ini seluruh finalis menampilkan bakatnya masing-masing yang dinilai oleh 2 orang juri. Tahapan terakhir yaitu Grand Final, seluruh peserta akan mendapatkan pertanyaan baik dari peserta lain dan juga dari para juri secara bergantian. Selain itu mereka juga melakukan catwalk yang telah dipelajari pada fase prakarantina.

Grand Final Duta Untirta Tahun 2018 menghasilkan Duta Untirta Terpilih, Wakil I dan II Duta Untirta serta Duta Favorit dan Berbakat. Berikut nama-nama pemenang Duta Kampus Untirta 2018 :

  1. Duta Untirta (Putra) Alfandy Dwi Cahyo (FKIP/Pend. B. Inggris)
  2. Duta Untirta (Putri) Alessandra Desyaumi (FKIP/Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia)
  3. Wakil I Duta Untirta (Putra) Muchamad Aldi Maulana (FISIP/Ilmu Komunikasi)
  4. Wakil I Duta Untirta (Putri) Ana Lestiana (FEB/Manajemen)
  5. Wakil II Duta Untirta (Putra) Nuralim (FAPERTA/Agribisnis)
  6. Wakil II Duta Untirta (Putri) Nabila Alya (FAPERTA/Agribisnis)
  7. Duta Untirta Berbakat : Dzaki Eka Nugraha (FKIP/Sendratasik)
  8. Duta Untirta Terfavorit : Muhammad Reza Jodea (FT/Teknik Kimia)

(Angga-Humas)