Pra-Audit Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat

Pra-Audit Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat

Jumat, 1 Februari 2019 SPI melakukan Pra-Audit pada LPPM. Audit dilakukan sebagai langkah perbaikan dalam pengelolaan laporan kegiatan, prosedur, sampai pembuatan laporan keuangan penelitian Dosen. Entry meeeting audit SPI dihadiri oleh Ketua LPPM, Kabag Tata Usaha LPPM, Bendahara Pembantu Pengeluaran (BPP) LPPM, dan seluruh staf LPPM.

Pada hari tersebut, SPI melakukan scanning dan sampling data yang dibutuhkan dalam proses audit. Seluruh anggota LPPM telah kooperatif dalam pengumpulan data.

Hasil analisis audit ini masih dalam proses, karena masih ada data yang diperlukan dan diperlukan konfirmasinya dengan auditee (LPPM). SPI akan mengekspose ketika draft laporan sudah selesai dan meminta tanggapan auditee. Laporan Hasil Audit SPI harus ditindaklanjuti oleh auditee untuk perbaikan kedepan.

 

Workshop Pembentukan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

Workshop Pembentukan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

Kegiatan Workshop Pembentukan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dilaksanakan tanggal 13-15 November 2018 di Hotel Lemo, Tangerang. Narasumber Kegiatan yaitu Anggota VII BPK-RI (I Nyoman, SE., Ak), Inspektur I Kemenristekdikti (Mohamad Hardi, Ak. MProf Acc), Inspektur II Kemenristekdikti (Dadit Herdikiagung), Inspektur III Kemenristekdikti (Dr. Yohanes Indrayono, AK., M.M), dan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Banten  (Dr. Bonardo Hutauruk, Ak, MM).

 

Tujuan dari kegiatan ini adalah terbentuknya satgas SPIP sesuai dengan peraturan pemerintah PP Nomor 60 tahun 2008 dan terbinanya pengawasan internal dilingkungan perguruan tinggi khususnya Untirta sekaligus penandatanganan audit charter yang diajukan oleh SPI dan ditandatangani oleh Rektor Untirta sebagai komitmen yang dibangun bersama auditee dalam rangka pengawasan oleh SPI.

Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah perumusan dan Finalisasi Audit Charter SPI Untirta dan penandatanganan Audit Charter oleh Rektor Untirta. Kontribusi Kegiatan (Outcome) yaitu:

– Penguatan maturitas Level SPIP di Lingkungan Untirta;

– Dengan SPIP menuju Untirta dengan Akreditasi A.

Pelatihan Teknis Pelaporan Kegiatan (SPJ)

Pelatihan Teknis Pelaporan Kegiatan (SPJ)

Kegiatan Pelatihan Teknis Pelaporan Kegiatan (SPJ) dilaksanakan tanggal 3-5 Oktober 2018 di Hotel Lemo, Tangerang. Narasumber Kegiatan yaitu Heran Subagio (Kepala Seksi Pembinaan PPK BLU) dan Wahjudi Prajogo (Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Banten), selain itu pemandu dalam Penyusunan Term of Reference (ToR) yaitu Drs. Mochamad Ganiadi, MM, dan pemandu dalam penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan kegiatan yaitu Dra. Komariah, MM.

Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan kegiatan serta sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan, bahwa kegiatan pelatihan teknis pelaporan kegiatan (SPJ) Satuan Pengawas Intern Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tahun 2018 telah dilaksanakan.

   

Pelaksanaan kegiatan pelatihan teknis pelaporan kegiatan (SPJ) Satuan Pengawas Intern Universitas Sultan Ageng Tirtayasa diuraikan secara jelas pada laporan kegiatan ini, diantaranya : latar belakang, dasar hukum, maksud dan tujuan, jadwal dan tempat, metode, hasil yang dicapai, kontribusi dan kendala dari kegiatan tersebut.

Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) Tahun 2019

Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) Tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2018 bertempat di Saung Edi, Serang. Peserta kegiatan ini adalah seluruh anggota SPI, karena PKPT merupakan penyusunan program pengawasan Internal SPI di Lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Narasumber kegiatan yaitu Drs. E Kusmayadi, M.Si (Kepala Inspektorat Provinsi Banten) dan Gana Hadisurya, SE., M.Ak (Auditor Madya Kemenristekdikti).

  

Dilakukan simulasi penghitungan hari kerja agar dapat diketahui proyeksi kegiatan pengawasan dalam satu tahun. Selain itu dapat membantu menganalisis berapa orang tim yang akan dibentuk. Analisis tersebut dapat membantu dalam menentukan mapping dan tim dalam suatu kegiatan pengawasan.

Sinkronisasi Pelaksanaan Kegiatan dengan Peraturan Perundang-Undangan SPI Untirta Tahun 2018

Kegiatan sinkronisasi dilaksanakan pada tanggal 29-31 Januari 2018 bertempat di Hotel ibis Serpong. Peserta kegiatan ini sebanyak 80 orang, yang terdiri dari: Rektor, Para Wakil rektor, Para Dekan, Para Kepala Biro, Para Kepala UPT, Para Wakil Dekan, Kepala Bagian Perencanaan dan Kerjasama, Kepala Bagian Keuangan, Kepala Bagian Kepegawaian Kasubbag Kepegawaian, Kasubbag Perencanaan dan Evaluasi , Kasubbag Tata Laksana, Kasubbag PNBP, Kasubbag Aklap Para Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP).

Narasumber kegiatan yaitu Dr. Blucer W. Rajagukguk, M.Sc., SE., SH., Ak, CFrA, CA.,CFE (Eselon I Plt. Tortama AKN 3/Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan BPK-RI), Dadit Herdikiagung, SH., M.Soc., SC (Eselon II Inspektur II Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti), Amdi Veri Darma, Ak., M.Acc (Eselon II Direktur Pengawasan Pinjaman dan Bantuan Luar Negeri (PBLN), Deputi Bidang PIP Perekonomian dan Kemaritiman BPKP), Ir. Yustamri, MS (Auditor Inspektorat II Kemenristekdikti), dan Budi Agung Prasetya, S.Pd., MM (Kasubbag TU Kemenristekdikti).

Kegiatan ini mengakomodir ide/gagasan tentang pentingnya Sinkronisasi Pelaksanaan Kegiatan dengan Peraturan Perundang-undangan pada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melalui workshop, konsultansi dan pembimbingan dari Auditor SPI. Konsultansi dan pembimbingan mengarah pada penyusunan mapping kegiatan dan anggaran yang telah ditentukan formatnya oleh SPI untuk diterapkan oleh setiap unit kerja dan Universitas. SPI merancang format usulan kegiatan beserta anggaran pada setiap unit.