PIU - IDB Untirta

Tentang PIU

Project Implementation Unit adalah Unit Impelentasi Proyek Development of FourHigher Education Institutions Project (Improving Access, Quality, Relevance, and Competitiveness of Higher Education Program). Proyek ini didanai oleh Islamic Development Bank (sebagai Donatur Utama), dan juga menggunakan dana Government of Indonesia (GOI) dan PNBP dari 4 perguruan tinggi yang terlibat.

Perjuangan untuk mendapatkan dana ini dimulai dengan menyusun Proposal Readiness Criteria yang mana Untirta mengusung tema "Development of Sultan Ageng Tirtayasa University as Center of Excellent for Food Security". Bersama dengan 3 perguruan tinggi lainnya: Universitas Malang, Universitas Jember, dan Universitas Mulawarman (Samarinda), Untirta berhasil mendapatkan proyek ini.

Untuk mendukung pelaksanaan implementasi proyek ini, dibentukan Project Implementation Unit (PIU) yang nantinya berkordinasi dengan Project Management Unit (PMU) dan IDB. Berikut garis kordinasi antara PIU dan PMU serta IDB.

kordinasi

Struktur PIU

Dalam mempersiapkan ini Untirta membentuk PIU dengan struktur seperti gambar di bawah ini.

otk

Executif Director (Direktur Eksekutif) saat ini pegang oleh Bapak Dr. Agung Sudrajat (Fakultas Teknik) yang didukung oleh seorang sekertaris dan dengan 5 (lima) PIC yang membawahi masing-masing kegiatan dalam ruang lingkup IDB Project ini.

Lingkup Pekerjaan

PIU Untirta bertanggungjawab dalam melaksanakan program-program yang sudah dirancang dan disepakati antara PIU, PMU, dan IDB. Adapun program kerja yang akan dilaksanakan oleh PIU Untirta dalam 4 tahun ke depan adalah sebagai berikut:

schedule

Secara garis besar program yang akan diadakan dibawah kordinasi PIU Untirta:

  1. DEDC - Seleksi Umum: untuk memilih penyedia Perencanaan Detailed Engineering Design (DED) Consultan yang bertugas untuk membuat DED pembangunan gedung di lahan baru Sindangsari.
  2. PMEQC - Seleksi Umum: untuk memilih Project Management and Equipment Consultan yang nantinya akan bertugas merencanakan, mengawasi, dan memonitoring serta melaporkan progres pembangunan Kampus Baru Sindangsari Untirta, selain itu juga bertugas menyiapkan proses pengadaan peralatan Laboratorium dan fasilitas penunjang lainnya.
  3. Pelaksanaan Pekerjaan Fisik: tim PIU Untirta nanti akan bertanggungjawab dalam monitoring serta memastikan terlaksananya pekerjaan fisik sesuai dengan rencana dan target capaian.
  4. Pelaksanaan Pengadaan Alat Laboratorium dan sarana penunjang: PIU untirta akan memonitor perkembangan pengadaan alat laboratorium dan perlengkapan penunjang lainnya agar berjalan sesuai dengan rencana dan target capaian.
  5. Pelaksanaan Soft Program: PIU Untirta selain pekerjaan fisik dan konsultansi, juga melaksanakan kegiatan soft program seperti Beasiswa S3 kepada dosen Untirta untuk studi di luar negeri, hibah penelitian bagi dosen internal melalui Research Consortia, dan beberapa program soft lainnya.

Foto - Foto

A. Gambar Gambaran Kampus Baru Untirta

LahanKampus

Lahan Kampus Baru Untirta Sindangsari

rektorat

Rencana Gedung Rektorat Untirta Sindangsari

perpus

Gedung Perpustakaan Untirta Sindangsari

Auditorium

Gedung Serba Guna (Auditorium) Untirta Sindangsari

GKuliah

Gedung Kuliah Terpadu Untirta Sindangsari

asrama

Gedung Asrama Mahasiswa Untirta Sindangsari

dekanat

Gedung Dekanat Untirta Sindangsari

B. Gambar Aktivitas Tim PIU Untirta

pic1

Bersama WR 2 Untirta saat meninjau Kampus Universitas Mulawarman 25 - 26 Februari silam

Soft

Pak Agung (Direktur Eksekutif PIU) bersama Tim PIC Soft Program di Universitas Jember, 18 - 19 Februari Silam

PICHard

Pak Dadi (Ketua PIC Hard Program) sedang menyusun KAK dan Dokumen lelang DEDC bersama tim PIC Hard Program di Universitas Jember 18 - 19 Februari silam.

rektorunmul

Tim PMU, dan PIU dari 4 perguruan tinggi saat beramah tamah dengan Rektor Universitas Mulawarman 25 - 26 Februari silam

wr2u

Bapak Kurnia Nugraha (WR 2 Untirta) saat diterima oleh WR 4 Universitas Mulawarman di Samarinda 25 - 26 Februari silam.