BAKP

Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa adalah Biro yang mengurusi permasalahan:

  1. Akademik yang terdiri dari : registrasi mahasiswa (baru/lama), pendaftaran wisuda, pengelolaan nilai transkrip, pengelolaan pendaftaran wisuda, dan administrasi akademik.
  2. Kemahasiswaan yang terdiri dari : pengelolaan beasiswa, peningkatan prestasi kemahasiswaan, pengelolaan dan pengembangan Ormawa, dan segala sesuatu yang terkait kemahasiswaan.
  3. Perencanaan yang terdiri dari : perencanaan kegiatan universitas termasuk di dalamnya perencanaan pengadaan barang dan jasa.

BAKP ini dipimpin oleh seorang Kepala Biro yang membawahi 2 orang Kepala Bagian (Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan, serta Kabag. Perencanaan). Kabag Akademik dan Kemahasiswaan membawahi Kepala Sub. Bagian Akademik dan Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik. Kabag Perencanaan membawahi Kepala Sub Bagian Perencanaan.

Visi BAKP

Sesuai Statuta Untirta pada pasal 55 disebutkan Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) adalaha unsur pelaksana administrasi yang menjalankan wewenang dan tanggung jawab ditinggkat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dalam bidang Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan.

Dalam pelaksanaannya BAKP memiliki Visi Yaitu, Mewujudkan layanan teknis Akademik menuju Untirta Maju, Bermutu, Berkarakter dalam kebersamaan Tahun 2025.

Misi BAKP

Memberikan layanan teknis akademik, kemahasiswaan, perencanaan, kerjasama dan humas yang terbaik amanah dan profesional.

Kebijakan

Memperkuat komitmen, kebersamaan dan tanggung jawab dalam mewujudkan layanan teknik akademik, kemahasiswaan, perencanaan dan humas.

Program

  1. Memberikan layanan teknis administrasi bidang Akademik
  2. Memberikan layanan teknis administrasi bidang Kemahasiswaan
  3. Memberikan layanan teknis administrasi bidang Perencanaan
  4. Memberikan layanan teknis administrasi bidang Kerjasama
  5. Memberikan layanan teknis administrasi bidang Humas

Kegiatan

Kegiatan kerja BAKP terbagi pada dua (2) bagian yaitu,

  1. Bagian Akademik dan Kemahasiwaan.
  2. Bagian Perencanaan, Kerjasama dan Humas.

1.1 Bagian Akademik dan Kemahasiswaan

Program kegiataan teknis bagian akademik dan kemahasiswaan meliputi :

  1. Melaksanakan penyusunan program kerja bagian;
  2. Melaksanakan analisis data di bidang akademik dan kemahasiswaan;
  3. Melaksanakan penyusunan kalender akademik;
  4. Melaksanakan urusan penerimaan dan registrasi mahasiswa;
  5. Melaksanakan penyiapan penyelengaraan wisuda, dies natalis, orasi ilmiah, upacara pengukuhan guru besar, dan pertemuan ilmiah lainnya;
  6. Melaksanakan administrasi perkuliahan dan ujian;
  7. Melaksanakan administrasi tugas belajar dosen;
  8. Melaksanakan administrasi kelulusan mahasiswa;
  9. Melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan dan pendayagunaan sarana pedidikan;
  10. Melaksanakan pemprosesan pemberi ijin penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  11. Melaksanakan evaluasi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  12. Melaksanakan pengembangan dan peningkatan di bidang minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa;
  13. Melaksanakan administrasi dibidang minat, bakat dan kesejahteraan mahasiswa;
  14. Melaksanakan layanan di bidang minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa;
  15. Melaksanakan administrasi alumni;
  16. Melaksanakan penyusunan statistik mahasiswa;
  17. Melaksanakan pengolahan informasi akademik dan kemahasiswaan;
  18. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan;
  19. Melaksanakan penyimpanaan dan pemeliharaan dokumen bagian;
  20. Melaksanakan penyusunan laporan bagian;

1.1.1. Subbagian Akademik dan Evaluasi

Program kegiatan teknis Subbagian akademik dan kemahasiswaan meliputi sebagai berikut :

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan Program Kerja Bagian;
  2. Melakukan penyusunan instrumen monitoring dan evaluasi pendidikan;
  3. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data akademik;
  4. Melakukan penyajian data hasil monitoring dan evaluasi pendidikan sebagai bahan kebijakan pimpinan;
  5. Melakukan bahan penyusunan kalender akademik;
  6. Melakukan administrasi perkuliahan dan ujian;
  7. Melakukan administrasi tugas belajar dosen;
  8. Melakukan urusan pemrosesan ijazah;
  9. Melakukan urusan perpanjangan masa studi dan putus studi akademik;
  10. Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa;
  11. Melakukan pemberian layanan transkrip nilai;
  12. Melakukan penyiapan bahan penyelenggaraan wisuda, dies natalis, orasi ilmiah, upacara pengukuhan guru besar/professor, dan pertemuan ilmiah lainnya;
  13. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan dan pendayagunaan sarana pendidikan;
  14. Melakukan pengaturan penggunaan sarana akademik;
  15. Melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik;
  16. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  17. Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.

1.1.2 Subbagian Registrasi dan Statistik

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan Program Kerja Bagian
  2. Melakukan penyusunaan pedoman pelaksanaan penerimaan dan registrasi mahasiswa;
  3. Melakukan penerimaan mahasiswa baru;
  4. Melakukan registrasi mahasiswa baru;
  5. Melakukan penyiapan kartu mahasiswa, kartu rencana studi, kartu hasil studi, dan pemberian nomor induk mahasiswa;
  6. Melakukan urusan alih program studi;
  7. Melakukan urusan cuti akademik mahasiswa;
  8. Melakukan pemrosesan pindah mahasiswa dan/atau pengunduran diri mahasiswa;
  9. Melakukan penyusunan statistik mahasiswa ;
  10. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  11. Melakukan penyusunan laporan Subbagian.

1.1.3. Subbagian Kemahasiswaan dan Alumni

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian, dan Program kerja bagian;
  2. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data di bidang kemahasiswaan dan alumni;
  3. Melakukan penyusunan rencana kegiatan mahasiswa;
  4. Melakukan urusan pemilihan mahasiswa berprestasi dan teladan;
  5. Melakukan fasilitasi kewirausahan dan keterampilan mahasiswa;
  6. Melakukan urusan pemberian ijin atau rekomendasi kegiatan mahasiswa;
  7. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan pelayanan kesejahteraan mahasiswa;
  8. Melakukan urusan pemberian beasiswa;
  9. Melakukan fasilitasi peningkatan keterampilan mahasiswa;
  10. Melakukan pelayanan kesejahteraan dan kesehataan mahasiswa;
  11. Melakukan pemberian layanan informasi bursa kerja;
  12. Melakukan fasilitasi jejaring alumni;
  13. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan mahasiswa;
  14. Melakukan penyusunan laporan dan penyajian data dan informasi kegiatan kemahasiswaan;
  15. Melkaukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  16. Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.

1.2. Bagian Perencanaan dan Kerja Sama

Program kegaiatan teknis bagian perencanaan dan kerja sama meliputi sebagai berikut :

  1. Melaksanakan penyusunan program kerja Bagian, program kerja Biro, dan program kerja UNTIRTA;
  2. Melaksanakan penyusunan bahan kebijakan perencanaan dan kerja sama Untirta;
  3. Melaksanakan penyusunan proyeksi pengembangan, rencana strategis, dan rencana kinerja Untirta;
  4. Melaksanakan penyusunan satuan biaya kegiatan;
  5. Melaksanakan analisis terhadap usul program, kegiatan, sasaran, dan anggaran di lingkungan Untirta;
  6. Melaksanakan penyusunan rencana, program, kegiatan, sasaran, dan anggaran Untirta;
  7. Melaksanakan penyusunan usul penyesuaian program, kegiatan, sasaran dan anggaran Untirta;
  8. Melaksanakan penyajian data perkembangan pelaksanaan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran Untirta;
  9. Melaksanakan penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta akuntabilitas kenerja Untirta;
  10. Melaksanakan urusan peliputan dan dokumentasi serta penyusunan bahan informasi dan publikasi;
  11. Melaksanakan penyusunan bahan dan penyiapan penyelenggaraan konfersi pers dan siaran pers;
  12. Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data kegiatan kerja sama yang dilakukan dilingkungan Untirta;
  13. Melaksanakan penyiapan proposal pelaksanaan kerja sama;
  14. Melaksanakan penyusunan rancangan naskah kerja sama di lingkungan Untirta;
  15. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kerja sama dan hubungan masyarakat;
  16. Melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan
  17. Melaksanakan penyusunan laporan Bagian;
  18. Melaksanakan penyiapan penyusunan laporan Biro dan Laporan Untirta.

1.2.1 Subbagian Perencanaan dan Evaluasi

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan program kerja Bagian;
  2. Melakukan penyiapan penyusunan program kerja Biro dan program kerja Untirta;
  3. Melakukan penyusunan kebijakan perencanaan dan evaluasi pelaksanaan rencana, program, dan anggaran untirta;
  4. Melakukan pemyiapan penyusunan pedoman perencanaan di lingkungan Untirta;
  5. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data di lingkungan Unitrta;
  6. Melakukan penyusunan proyeksi pengembangan, rencana strategis, dan rencana kinerja Untirta;
  7. Melakukan penyusunan satuan biaya kegiatan;
  8. Melakukan penelaahan usulan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran unit kerja di lingkungan Untirta;
  9. Melakukan penyusunan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran Untirta;
  10. Melakukan penyiapan bahan koordinasi pembahasan rencana, program, dan anggaran Untirta;
  11. Melakukan penyusunan petunjuk operasional kegiatan di lingkungan Untirta;
  12. Melakukan penelaahan laporan pelaksanaan rencana, program, kegiatan, dan anggaran unit kerja;
  13. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program, kegiatan, dam anggaran Untirta;
  14. Melakukan penyajian data pengembangan pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran Untirta;
  15. Melakukan urusan penyesuaian program, kegiatan, dan anggaran Untirta;
  16. Melakukan penyusunan laporan pelaksanaan rencana, program, kegiatan, dan anggaran Untirta;
  17. Melakukan penyusunan laporan akuntabilitas kinerja Untirta;
  18. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan
  19. Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.

1.2.2 Subbagian Kerja Sama

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan program kerja Bagian;
  2. Melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan kerja sama di lingkungan Untirta;
  3. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data kegiatan kerja sama;
  4. Melakukan penyusunan bahan sosialisasi dan publikasi produk kegiatan Tridharma Untirta kepada pemangku kepetingan;
  5. Melakukan penyusunan rencana pengembangan kerja sama;
  6. Melakukan penyusunan proposal kerja sama;
  7. Melakukan penyusunan rancangan naskah kerja sama;
  8. Melakukan administrasi kegiatan kerja sama;
  9. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kerja sama;
  10. Melakukan penyusunan laporan pelaksanakan kerja sama;
  11. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  12. Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian;

1.2.3 Subbagian Hubungan Masyarakat

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian;
  2. Melakukan pengumpulan informasi dari unit kerja di lingkungan Untirta;
  3. Melakukan penyajian dan pemberian layanan informasi di lingkungan Untirta;
  4. Melakukan pengumpulan informasi dari masyarakat yang berkaitan dengan Untirta;
  5. Melakukan penyusunan bahan tanggapan terhadap berita yang dimuat media cetak dan elektronik serta pengaduan masyarakat;
  6. Melakukan urusan publikasi melalui media cetak dan elektronik;
  7. Melakukan penyusunan bahan pelaksanaan konfersi pers dan siaran pers;
  8. Melakukan penyiapan pelaksanaan konferensi pers dan siaran pers;
  9. Melakukan urusan promosi dan pameran;
  10. Melakukan evaluasi pelayanan informasi dan hubungan masyarakat;
  11. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  12. Melakukan Penyusunan Laporan Subbagian.

KEADAAN PEGAWAI BAKP PER AGUSTUS 2016

Nama

NIP

Jabatan

Drs. Mochamad Ganiadi, MM.

196204221992031001

Kepala BAKP

Tubagus Bahtera Rohimudin., SE, M.Si

196710112001121001

Kabag Akademik dan Evaluasi

Drs. Agustiar H., MA

196708232002121001

Kabag Perencanaan dan Kerjasama

Ito Sumitro, SE., MAP

197011252005011002

Kasubbag Akademik dan Evaluasi

Herry Sandjaya, SE., M.Si.

197609262005011003

Kasubbag Kemahasiswaan dan Alumni

Drs. Mahpudin

196204102001121001

Kasubbag Registrasasi dan Statistik

Aedy Nurachman, MM.

197509202001121002

Kasubbag Kerjasama

Hendra Leo Munggaran, SE., M.Si.M.

197808122006041010

Kasubbag Perencanaan dan Evaluasi

Fitri Damyati, ST

197310312005011001

Kasubbag Humas

Dewi Tejalasmanasari, S.Pd

197209042008102001

Staf Akademik dan Evaluasi

Fitri Mestika Hadra, SKM

197710112001122001

Staf Akademik dan Evaluasi

Lala Meilani, S.Pd.

198005252015042002

Staf Akademik dan Evaluasi

Nia Daruniati, SE

198504172014092002

Staf Akademik dan Evaluasi

Tri Kurniawati, S.Sos

198005302005012001

Staf Akademik dan Evaluasi

Mohamad Maman Suherman

197305052007101002

Staf Humas

Andi Muhammad Harun, S.Ag.

197303242014091001

Staf Kerjasama

Dedi Kurniawan, A.Md.

198009272014091002

Staf Kemahasiswaan dan Alumni

Dianto Mauriza Pramurianto, S.Kom.

197603082006041008

Staf Kemahasiswaan dan Alumni

Gina Fithria, S.Pd.

198608032014042001

Staf Kemahasiswaan dan Alumni

Sulastri, SE., MM.

197705022010122004

Staf Kemahasiswaan dan Alumni

Tubagus Yudi Sudrajat

197808282008101001

Staf Kerjasama

Ade Bastian, A.Md. Kom

197912072009121002

Staf Perencanaan dan Evaluasi

Fashihatus Saniyah, S.Si.

198801302015042002

Staf Perencanaan dan Evaluasi

Merlisa Astrid Chaerunnissa, SE.

198803182014042001

Staf Perencanaan dan Evaluasi

Katijo, SE, MM.

196703122005011001

Staf Registrasi dan Statistik

Riana Hadiana, S.Si.

198104072015041001

Staf Registrasi dan Statistik

Andri Hakim, S.Sos.

Staf Akademik dan Evaluasi

Herdiansyah Wijaya,A.Md

Staf Humas

Ahmad Sidqi, SE.

Staf Kemahasiswaan dan Alumni

Jamaludin, SE

Staf Kemahasiswaan dan Alumni

M. Rachmatullah,S.Pd

Staf Kemahasiswaan dan Alumni

Widiawati

Staf Kemahasiswaan dan Alumni

Adhitya Angga Pratama, S.Ikom

Staf Humas

Ikeu Yuliawati Ningsih, SE

Staf Humas

Rinda Hartia, S.Pd

Staf Kemahasiswaan dan Alumni

Triandi Adi Sutrisna,SE.

Staf Perencanaan dan Evaluasi

Yudha Diansyah, S.Si

Staf Perencanaan dan Evaluasi

Susilawati, SE

Staf Humas

Eka Cahya Agustiansyah,SE

Staf Registrasi dan Statistik

Rd. Bagus Rahman Mulyawan, SE

Staf Registrasi dan Statistik

Sriyanto

Staf Registrasi dan Statistik