Fakultas Hukum

RIWAYAT SINGKAT FAKULTAS HUKUM

Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten berdiri tahun l981, tepatnya pada tanggal 1 Oktober 1981 dengan status sebagai STIH Serang yang bertempat di Kresidenan Banten, Jl. Brigjen KH. Samun dan merupakan embrio lahirnya Universitas Tirtayasa Serang Banten. Mulai tahun 1984 STIH Serang diintegrasikan sesuai dengan SK Mendikbud N0. 0596/0/1984, menjadi Fakultas Hukum Universitas Tirtayasa Serang-Banten, yang bertempat di Jl. Raya Jakarta Km. 4 Pakupatan Serang.

Fakultas Hukum pada tahun 1984 memperoleh status terdaftarberdasarkan SK Mendikbud N0. 0597/0/1984. Pada tahun 1994 Fakultas Hukum kembali memperoleh status penetapan terdaftar kembali berdasarkan SK Ditjen Pendidikan Tinggi N0. 059/DIKTI/Kep/1994.

Pada tahun 2000 Fakultas Hukum memperoleh status terakreditasi dengan peringkat B, berdasarkan SK. BAN- PT. N0. 019/BAN-PT/AK-IV/VIII/2000, dengan adanya SK Akreditasi tersebut maka Fakultas Hukum dapat menyelenggarakan proses pembelajaran secara mandiri, kemudian pada tahun 2001 status Fakultas Hukum menjadi Fakultas Hukum dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten dengan status Negeri, berdasarkan KEPRES No: 32/2001.

Sesuai dengan Kepres No. 32 tahun 2001, maka Fakultas Hukum hingga saat ini (tahun 2002), berstatus sebagai bagian dari salah satu Fakultas di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, yang bertempat di Jl. Raya Jakarta Km. 4 Pakupatan Serang.

VISI DAN MISI FAKULTAS HUKUM UNTIRTA

Cita-cita Fakultas Hukum Untirta di masa mendatang tertuang dalam visi sebagai berikut:

Terwujudnya Fakultas Hukum yang terbaik, memiliki kreatifitas, inovatif, kompetitif dalam bidang pendidikan, penelitian serta pengembangan ilmu hukum dalam rangka pengabdian pada masyarakat.

Untuk mencapai cita-cita tersebut di atas maka misi yang diemban Fakultas Hukum Untirta adalah :

1. Meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan lainnya dalam melaksanakan berbagai program pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kebutuhan stakeholder.

2.Membangun dan mengembangkan networking untuk mendorong penciptaan peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan kerjasama.

3. Mewujudkan pendidikan tinggi di Fakultas Hukum dengan kualitas terbaik dan relevan dengan kebutuhan masyarakat masa kini dan mendatang.

4.Meningkatkan tanggungjawab sosial Fakultas Hukum bersama Pemerintah menuju dan membawa kearah modernisasi (Banten) dan memelihara nilai-nilai luhur Banten.

5.Meningkatkan pengetahuan dan inovasi serta mempertajam kualifitas tenaga pengajar dan mahasiswa dalam proses pembelajaran.

6. Melahirkan tenaga pengajar dan lulusan yang profesional, mempunyai daya saing global yang beretika melalui proses pembelajaran yang bermutu tinggi.

7. Meningkatkan dan memotivasi kegiatan-kegiatan penelitian dan penulisan dalam memperkaya keilmuan.

8. Mengendalikan kualitas keahlian keilmuan berdasarkan pada etika keilmuannya.

Berdasarkan visi dan misi Fakultas Hukum Untirta tersebut maka tujuan Fakultas Hukum Untirta di masa mendatang adalah:

Tujuan Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ialah Menghasilkan kelulusan dengan profesional yang dilandaskan pada :

1. Beriman Kepada ALLAH SWT;

2. Penguasaan Hukum Indonesia;

3. Peka terhadap masalah Keadilan dan masalah Kemasyarakatan;

4. Mampu menganalisis hukum dalam masyarakat;

5. Mampu menggunakan hukum sebagai sarana untuk memecahkan masalah kemasyarakatan dengan bijaksana dan berdasarkan atas Prinsip Hukum yang berlandaskan pada keadilan.

Berdasarkan visi dan misi Fakultas Hukum Untirta tersebut maka kompetensi Fakultas Hukum Untirta di masa mendatang adalah:

1. Menguasai dasar - dasar ilmiah dan praktis dibidang hukum nasional dan internasional dan mampu menerapkan dan mengembangkan dalam kehidupan sosial melalui peran peran yang tersedia baginya.

2. Berjiwa terbuka, kritis toleran terhadap perbedaan pendapat dan mampu melakukan analisis masalah - masalah hukum dalam masyarakat.

3. Memiliki kepekaan sosial yang tinggi terutama menyangkut masalah -masalah hukum dan keadilan dan mampu menerapkan pengetahuan dan keahlian hukum dalam memecahkan masalah masalah hukum dan keadilan hukum dan keadilan.

Info lebih lengkap Fakultas Hukum silahkan klik disini