Visi dan Misi

VISI, MISI DAN PROGRAM KERJA REKTOR
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
PERIODE 2015-2019



Visi Universitas SUltan Ageng Tirtayasa:
Terwujudnya universitas terbaik yang memiliki kemandirian, kreativitas, inovasi, unggul, dan kompetitif dalam bidang pendidikan, penelitian, serta pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

Visi Operasional Rektor Untirta Periode 2015 2019

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Periode 2015-2019 dalam menjalankan fungsi dan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi mengacu kepada Visi Operasional yang terdiri dari:

Visi

:

Terwujudnya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Maju, Bermutu, Berkarakter dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025.

Motto

:

Kerja keras dan cerdas yang dilandasi keiklasan bernilai ibadah

Prinsip

:

Prestasi, komitmen, kebersamaan dan tanggung jawab

Filosofi

Nilai

:

:

Memberikan layanan yang terbaik, amanah, dan professional

Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, dan Akuntabel (JAWARA).

Berdasarkan visi tersebut di atas dengan penjelasan sebagai berikut :

Maju :

Mengandung pengertian terwujudnya kondisi Untirta yang mengalami pertumbuhan, peningkatan dan perubahan secara berkelanjutan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat , daya dukung sumber daya dan manajemen serta kerjasama kemitraan.

Bermutu :

Mengandung pengertian tercapainya kualitas layanan yang memberikan kepuasan kepada pelanggan, lulusan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang menguasai Iptek (hard skill) dan , mampu berkolaborasi dan membangun jejaring (networking) dan berkomunkasi atau soft skill menuju kemajuan bangsa, peradaban dan kesejahteraan umat manusia.

Berdayasaing :

Mengandung pengertian terwujudnya suatu dorongan pada diri pendidik (dosen, tenaga kependidikan dan lulusan untuk memenangkan suatu persaingan (kompetisi), lebih berprestasi, memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif, berupaya lebih baik dari yang lain, tahan menghadapi berbagai kondisi, hambatan dan tantangan serta mampu beradaptasi dengan lingkungan.

Berkarakter :

Mengandung arti tercapainya tenaga pendidik dan kependidikan serta lulusan universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang menguasai Iptek dengan menjunjung tinggi Kejujuran, Amanah, Berwibawa, Adil, Religius dan Akuntabel (JAWARA).

Kebersamaan :

Dalam mewujudkan misi Untirta perlu terbangun komunikasi kerja di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa lebih mengutamakan semangat gotong royong, kolegial, saling pengertian, saling menghargai dan saling menghormati, sebagai sebuah tim kerja yang menjunjung tinggi solidaritas dan soliditas. Hal ini meniscayakan seluruh komponen Untirta mulai dari level teratas sampai dengan level terbawah bersama-sama berkomitmen memberikan karya terbaiknya demi mewujudkan pelayanan terbaik dan prima kepada pemangku kepentingan.

Untuk mencapai visi Untirta tersebut di atas dirumuskan misi sebagai berikut:

1.3. MISI UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

  1. Meningkatkan kualitas, relevansi dan daya saing pendidikan
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis kebutuhan nyata.
  3. Meningkatkan daya dukung tatakelola perguruan tinggi yang baik (good university governance)

1.4. TUJUAN UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, terdidik, terlatih, berdaya saing dan berkarakter sesuai kebutuhan stakesholders.
  2. Menghasilkan penelitan dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis kebutuhan nyata serta berorientasi pada pemanfaatan oleh dunia industri, pembangunan daerah dan masyarakat.
  3. Menghasilkan daya dukung tatakelola yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam mengembangkan tridharma perguruan tinggi.

Sasaran

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, perlu ditetapkan sasaran sebagai berikut:

  1. Meningkatnya kualitas, kuantitas, relevansi dan daya saing lulusan;
  2. Meningkatnya kualitas dan kuantitas Program Studi sesuai Kebutuhan Stakeholders;
  3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Tersedianya daya dukung SDM sesuai Standar Kompetensi;
  5. Meningkatnya daya dukung administrasi akademik dan nonakademik;
  6. Tersedianya daya dukung sarana prasarana yang memadai;
  7. Meningkatnya kerjasama kemitraaan strategis nasional dan internasional.

Strategi

  1. Penguatan Kualitas Layanan Pendidikan dan Organisasi Kemahasiswaan
  2. Penguatan Program Studi (akademik, vokasi dan profesi) memenuhi standar Mutu Pendidikan Tinggi
  3. Penguatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang inovatif berbasis kebutuhan industri, pembangunan daerah dan masyarakat
  4. Penguatan SDM dosen dan tenaga kependidikan sesuai kompetensi
  5. Penguatan layanan administasi akademik dan nonakademik
  6. Penguatan Sarana dan prasarana perguruan tinggi
  7. Penguatan Kerjasama dan kemitraan

Program

  1. Peningkatan kualitas dan kuantitas layanan pendidikan
  2. Peningkatan kualitas dan kuantitas layanan organisasi kemahasiswaan dan kompetensi mahasiswa.
  3. Pengembangan program studi (akademik, vokasi dan profesi) yang memenuhi standar mutu pendidikan tinggi
  4. Pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis kebutuhan dunia industri, pembangunan daerah dan masyarakat
  5. Peningkatan kualitas SDM dosen dan tenaga kependidikan
  6. Peningkatan layanan adminsitrasi akademik dan nonakademik
  7. Peningkatan Sarana dan prasarana pendidikan dan nonakademik
  8. Peningkatan kerjasama dan kemitraan strategis nasional dan internasional

Kegiatan

  1. Peningkatan mutu seleksi penerimaan mahasiswa baru
  2. Peningkatan mutu sistem penyelenggaraan pembelajaran/perkuliahan
  3. Peningkatan layanan kegiatan organisasi kemahasiswaan
  4. Pelaksanaan program kreativitas mahasiswa
  5. Pemilihan mahasiswa berprestasi
  6. Pengembangan program studi baru secara selektif (akademik dan profesi)
  7. Pengembangan program studi (akademik, vokasi dan profesi) sesuai standar nasional pendidikan tinggi.
  8. Pengembangan sistem tata kelola kelembagaan dan SDM
  9. Peningkatan mutu penelitian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif
  10. Rintisan pengembangan hasil penelitian inovatif berorientasi komersial
  11. Fasilitasi penerbitan artikel ilmiah pada jurnal internasional dan HAKI
  12. Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi beroritentasi KKNI
  13. Pengembangan sistem penjaminan mutu internal
  14. Penyelenggaraan program pengembangan mutu SDM dosen dan tenaga kependidikan
  15. Peningkatan mutu sistem layanan akademik dan nonakademik
  16. Pengembangan gedung layanan akademik dan layanan nonakademik
  17. Pengembangan laboratorium dan perpustakaan
  18. Peningkatan kualitas dan kuantitas kerjasama serta kemitraan strategis dengan pemerintah (pusat dan daerah), lembaga pendidikan, dunia usaha dan industri nasional dan internasional.

Program Unggulan

  1. Pengembangan Kampus Terpadu Sindangsari
  2. Peningkatan status akreditasi program studi dan institusi
  3. Pengembangan program pendidikan akademik, vokasi dan profesi
  4. Pengembangan Jurnal terakreditasi
  5. Rintisan hilirisasi hasil penelitian
  6. Pengembangan laboratorium dan Perpustakaan
  7. Pengembangan wilayah binaan

Program Prioritas

  1. Pembangunan sarana layanan akademik Kampus Terpadu Sindang Sari melalui pendanaan APBN dan hibah bantuan luar negeri
  2. Penyediaan sarana laboratorium
  3. Pendirian Program Studi Pendidikan Dokter, Perpustakaan dan Teknik Informatika
  4. Pendirian program magister teknik, pendidikan dan pertanian
  5. Fasilitasi Jurnal Terakreditasi, penulisan artikel ilmiah pada jurnal internasional dan HaKI
  6. Peningkatan mutu dosen dosen melalui studi lanjut dan pelatihan
  7. Pengembangan rintisan perpustakaan Untirta berbasis IT.
  8. Peningkatan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis kebutuhan lokal dalam rangka hilirisasi hasil penelitian untuk dimanfaatkan oleh dunia usaha, industri dan masyarakat.
  9. Melakukan kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota menetapkan desa/kelurahan wilayah binaan.
  10. Peningkatan kesejahteraan dosen dan pegawai melalui program remunerasi

Faktor Kunci Keberhasilan

  1. Tersedianya SDM dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan memiliki komitmen tinggi.
  2. Tersedianya kurikulum berbasis kompetensi yang berorientasi KKNI.
  3. Terbangunnya networking yang baik dengan lembaga pendidikan/kementerian/pemerintah daerah, dunia usaha dan industri.
  4. Tersedianya Sarana dan Prasarana pembelajaran dan perkantoran yang memadai.
  5. Tersedianya Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi.
  6. Terselenggaranya pengelolaam sumber daya yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
  7. Terselenggaranya kegiatan pendidikan sesuai dengan kurikulum dan pembelajaran inovatif.

1.5. PROGRAM PENDIDIKAN TINGGI

1.Pengertian Program Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi dalam lingkungan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi meliputi pendidikan akademik yang terdiri atas Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor. Pendidikan akademik adalah pendidikan yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian. Pendidikan Vokasi adalah program pendidikan diploma yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu, sedangkan pendidikan profesi adalah pendidikan tambahan setelah program sarjana untuk memperoleh keahlian dan sebutan profesi dalam bidang tertentu.

2. Tujuan Pendidikan

Tujuan Program Sarjana

1) Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah di dalam bidang keahliannya.

2) Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan etika keilmuan dan tata kehidupan bermasyarakat.

3) Memiliki moralitas yang tinggi dalam berkarya di bidang keahliannya dan dalam berkehidupan bermasyarakat.

4) Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang keahliannya

Tujuan Program Diploma

Program diploma atau program non gelar, diploma adalah bentuk dari program pendidikan vokasi bertujuan agar para lulusan menguasai kemampuan dan keterampilan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni tertentu, mandiri dalam pelaksanaan maupun tanggung jawab pekerjaannya, serta mampu melakukan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya.