Perpustakaan

Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ialah Perpustakaan yang terdapat pada Universitas dan merupakan UPT Perguruan Tinggi bersama-sama dengan unit lain turut melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Yaitu dengan cara menyeleksi, menghimpun, mengelola, memelihara serta mendistribusikan sumber informasi kepada lembaga induknya khususnya dan masyarakat akademis pada umumnya.

UPT Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa didirikan pada tanggal 14 April 1982 dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor atau Pembantu Rektor Bidang Akademik.

Untirta saat ini mengelola 2 (dua) perpustakaan. Satu terletak di kampus Serang dan lainnya berada di kampus teknik Cilegon. Di tiap-tiap fakultas dan sejumlah program studi terutama yang telah mendapatkan hibah kompetisi telah memiliki ruang baca sendiri. Koleksi buku perpustakaan Untirta cukup banyak . Buku-buku itu sebagian besar merupakan buku-buku baru terutama buku-buku yang terletak di ruang baca yang dikelola oleh Program Studi. Jumlah jurnal on CD Rom/online 741 judul, terdapat 10.681 judul buku dengan jumlah 21.175 exemplar.

Perpustakaan pusat melayani pengunjung dari pukul 8.00 hingga 15.30, selama lima hari kerja per minggu. Keterbatasan waktu akses seperti ini menjadikan tenaga perpustakaan kurang untuk menjadi pusat kegiatan belajar bagi mahasiswa. Koleksi bahan bacaan yang tersedia di perpustakaan masih terasa kurang relevan dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen. hal itu akan segera dibenahi. Koleksi pustaka yang tersedia di fakultas atau jurusan dan melayani civitas akademikanya sendiri harus dapat diakses oleh pihak lain. Perpustakaan pusat harus mengetahui kleksi pustaka yang tersedia di tiap fakultas dan jurusan maupun program studi.

Oleh sebab itu, peningkatan layanan perpustakaan pusat dan pemberdayaan ruang baca fakultas dan jurusan harus ditingkatkan, dengan harapan civitas akademika di Untirta dapat memanfaatkan perpustakaan secara optimal. Peningkatan layanan perpustakaan akan dilakukan raelalui pengembangan sistem electronic library, sehingga pengguna perpustakaan dapat leluasa mengakses koleksi buku atau sumber bacaan lainnya yang berada di perpustakaan di Kampus Serang Cilegon, koleksi bacaan lainnya yang ada di ruang baca di pascasarjana dan di jurusan atau program studi.

http://perpustakaan.untirta.ac.id/