Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Bid. Kemahasiswaan Untirta Sosialisasikan Bidik Misi Pada SMA/SMK di Lingk. Kab. Pandeglang

Tim Beasiswa Bidik Misi Bidang Kemahasiswaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan sosialisasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Pandeglang (28/11/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Biro (Kabiro) Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Untirta Drs. Ganiadi, MM, Kepala Bagian Akademik Tb. Bahtera Rochimudin, SE., M.Si, Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan Hery Sandjaya, SE., M.Si, Kepala SMKN 4 Pandeglang Arkani, S.Pt., M.Si dan peserta sosialisasi yakni guru-guru yang merupakan delegasi dari sekolah-sekolah negeri maupun swasta yang berada di lingkungan Kabupaten Pandeglang Banten.

Dalam kesempatan sambutan Kepala SMKN 4 Pandeglang menyampaikan pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan, menurutnya kemampuan/skill tanpa ilmu pengetahuan mustahil terwujud maka dari itu dirinya sangat mengapresiasi kepada Tim Sosialisasi Bidik Misi Untirta yang berkenan hadir untuk memaparkan materi tentang beasiswa Bidik Misi, karena dengan beasiswa peserta didik yang tidak mampu dapat melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Setelah kepala sekolah, Kabiro BAKP pada kesempatan sambutannya menyampaikan gambaran umum proses seorang mahasiswa/i baru meraih beasiswa Bidik Misi di perguruan tinggi negeri, beliau menghimbau kepada pihak sekolah untuk merekomendasikan siswa/i-nya calon penerima beasiswa Bidik Misi yang benar-benar tidak mampu dan yang sudah diterima di perguruan tinggi negeri untuk tidak menyia-nyiakan dengan mengundurkan diri karena dapat merugikan negara serta calon mahasiswa/i yang belum beruntung.

Adapun yang menjadi Narasumbernya adalah Tb. Bahtera Rochimudin, SE., M.Si dan Jamaludin, SE., MM selaku tim Bidik Misi bidang Kemahasiswaan Untirta. Pada waktu pemaparan materi para Narasumber menyampaikan beberapa hal penting yang diantaranya definisi Bidik Misi, peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 096 tahun 2014 tentang penyelenggaraan bantuan biaya pendidikan Bidik Misi, beberapa peran sekolah yang diantaranya mengumpulkan persyaratan beasiswa Bidik Misi, memverifikasi siswa calon pendaftar, merekomendasikan siswa/i dan melengkapi seluruh data di laman website :

https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah,

membimbing siswa/i untuk melengkapi seluruh data di laman website :

https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa,

sampai mendaftarkan pada jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri serta mendapat personal identification number (PIN) dan Kode Akses Peserta (KAP), kemudian tentang kendala-kendala yang sering dihadapi beserta solusinya, tempat pengaduan masyarakat tentang beasiswa Bidik Misi yang tidak tepat sasaran di laman website:

https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/masyarakat/pengaduan/lapor dsb.

Berita Terbaru Lainnya