Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Audiensi, Pendirian UKM Kewirausahaan Untirta

Senin, 27 November 2017 dilakukan audiensi antara perwakilan mahasiswa yang berniat mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan dengan pihak Rektorat. Acara dilaksanakan di ruang rapat Rektorat lantai 2 Kampus Pakupatan Serang. Kegiatan dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Suherna, M.Si., Para Wakil Dekan III, Kasubag Kemahasiswaan, Perwakilan Forum UKM dan mahasiswa yang mengusulkan pendirian UKM Kewirausahaan.

Rektor menyambut baik audiensi ini karena sejalan dengan visi misi Kemenristekdikti dan Untirta yaitu menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri mahasiswa. Wakil Rektor Bidang III Dr. H. Suherna, M.Si., menambahkan bahwa ini kegiatan kewirausahaan didalam kampus itu harus terwadahi sehingga ada kontrol yang jelas dan dapat terarah. Proses pendirian UKM Kewirausahaan ini sudah dimulai sejak 2015, mereka harus mendapatkan legalitas dulu ditataran organisasi mahasiswa, jadi Rektorat hanya mengesahkan saja, tegasnya. Sejauh ini juga sudah banyak produk yang dihasilkan, dikembangkan dan di pasarkan mahasiswa komunitas kewirausahaan di Untirta

Nur Arief Rahcman perwakilan forum UKM Untirta mengatakan bahwa niat dan semangat dari mahasiswa dalam mengharumkan nama baik kampusnya itu patut diapresiasi penuh oleh seluruh jajaran kampus, Berprestasi harus selalu menjadi seni dalam kehidupan mahasiswa khususnya masyarakat UKM secara luas, Harapan kepada UKM wirausaha untirta agar bisa menjadikan untirta mendunia dengan segala macam karya karya nya, tidak luput pula selalu berpedoman kepada seluruh arahan kemenristek dikti dalam meraih prestasi, mudah mudahan dukungan ini memberikan dampak luas kepada seluruh mahasiwa untirta untuk bergelora di dunia wirausaha. UNTIRTA MENDUNIA.

Pengagas Berdirinya UKM Kewirausahaan Untirta Sarnata mahasiswa jurusan Agribisnis Faperta mengatakan Untirta merupkan kampus Negeri terbaik yag ada di tanah Jawara ini, Dengan 6 Fakultas di dalamnya lebih dari 13.000 mahasiswa menempuh pendidikan di kampus Untirta. Dari sekian banyak mahasiswa Untirta ini minat dan bakat mereka belum semua terwadahi baik di Ormawa Legislatif, Eksekutif maupun di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sekarang. Minat mahasiswa yang besar tersebut yaitu berwirausaha sampai saat ini belum terwadahi dalam satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kampus Untirta. Saya kira pengembangan mahasiswa berwirausaha ini sudah sejalan dengan kebijakan Kemenristikdikti dimana Kampus diwajibkan mencetak minimal 50 wirausaha baru setiap tahunnya selain itu juga kepeduluan yang ditunjukan pihak kampus selama ini saya rasakan besar dalam mengembangkan mahasiswa berwirausaha. Dua tahun kemarin kami sudah terbentuk sebuah Komunitas Wirausaha Mahasiswa Untirta yang beranggotakan mahasiswa dari semua Fakultas yang ada diUntirta. Kami aktif melakukan kegiatan diskusi dan kajian bisnis, implementasi kegiatan usaha, mengikuti delegasi kegiatan kewirausahaan, mengikuti ajang ajang kompetisi, bakti sosial dan lainnya. Akhirnya kami sepakat untuk mengajukan pendirian UKM Kewirausahaan Untirta Kepada Bapak Rektor dan alhamdulilah Bapak Rektor menyambut baik dan mendukung pendirian UKM Kewirausahaan Untirta tersebut.

Peserta Audiensi Pembentukan UKM Kewirausahaan Untirta Fajri Nugraha - Elektro Teknik Untirta mengatakan bahwa melalui petingkatan kreativitas, semangat dan jiwa kompetisi yang tinggi dari mahasiswa untirta, UKM Kewirausahaan cocok untuk dapat mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki agar berjiwa kewirausahaan yang dapat bersaing ditingkatan nasional maupun internasional. Berkumpulnya para wirausaha mahasiswa untirta sehingga akan terbentuk kolaborasi antar wirausaha yang akan menghasilkan sebuah kreativitas berwirausaha yang berbasis teknologi dan pendidikan. Dari visi misi yang akan mencetak wirausaha yang kompeten maka ukm kewirausahaan Untirta dapat berperan dalam penumbuhan ekonomi dan mengurangi rasio pengangguran khususnya di Banten (Angga - Humas, dan Tim Pendirian UKM Kewirausahaan)

Berita Terbaru Lainnya