Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Seminar Nasional Integrasi Proses 2017

Dalam rangka Dies Natalis ke-36 Jurusan Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan Seminar Nasional bertemakan Integrasi Proses di Gedung Centre Of Excellent Industri Petrokimia Fakultas Teknik (FT) kampus Cilegon (02/10/17).

Seminar dibuka oleh Rektor yang diwakili oleh Dr. H. Fatah Sulaeman, ST., MT selaku Wakil Rektor bidang Akademik Untirta, menghadirkan 3 kenote speaker/pembicara utama yang diantaranya Ir. M. Khayam, MT (Direktur Industri Kimia Hulu) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia, H. Maryono, ST., MM (Direktur Produksi PT. Pupuk Kujang) dan Prof. Dr. Ir. M Nasikin, M.Eng (Peneliti/Dosen Universitas Indonesia).

Pada acara sambutan Dr. H. Fatah Sulaeman, ST., MT menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan ini, beliau mengungkapkan tentang hal yang menjadi prioritas Untirta pada saat ini adalah melaksanakan program dari Islamic Development Bank (IDB) untuk membangun kampus terpadu Untirta di Sindangsari Kabupaten Serang, menjadi Centre Of Excellent dalam bidang food security, pembangunan sumber daya manusia tenaga pendidik/Dosen maupun kependidikan dan lain sebagainya. Beliau berharap seminar ini dapat memberikan kontribusi hilirisasi riset yang dapat diteruskan sampai mempunyai hak paten.

Adapun para pembicara utama menyampaikan materi tentang peran inovasi dan riset yang didukung dengan dana riset, kerjasama dengan instansi lainnya, fasilitas yang memadai dapat berpengaruh terhadap tantangan zaman berupa bahan baku produksi yang mahal dan langka, harga barang hasil produksi rendah, persaingan sesama produsen, kemudian tentang tantangan dan peluang industri kimia di Indonesia, peraturan/kebijakan pemerintah dalam pengembangan industri kimia tertuang pada UU nomor 5 tahun 1984 dan nomor 3 tahun 2014, selain hal itu menerangkan juga tentang peran akademisi sebagai aktor inovasi melalui riset dan teknologi untuk mendukung industri, proyeksi publikasi paper dunia yang menunjukkan negara maju dalam berinovasi menciptakan teknologi baru selalu beriringan, seirama dan saling mendukung antara pemerintah-peneliti/akademisi-industri.

Ketua Pelaksana kegiatan ini Dhena Ria Barleany, ST., M.Eng yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Teknik Kimia Untirta menerangkan bahwa seminar nasional integrasi proses pesertanya terdiri dari peneliti dari berbagai institusi yang ada di Indonesia seperti diantaranya dari Poli Teknik Negeri Ujung Pandang, Malikusaleh, Universitas Indonesia, Sriwijaya dan lain sebagainya, diselenggarakan dengan tujuan untuk dijadikan sarana silahturahmi antara akademisi, industri dan pemerintah, tempat bertukar ide/pendapat antar sesama peneliti, pemecahan masalah, penambah ilmu pengetahuan tentang teknologi terbaru dan merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh jurusan teknik kimia setiap 3 tahun sekali, pada tahun sebelumnya yakni 2011 seminar telah diselenggarakan di Hotel Royale Krakatau Cilegon, tahun 2014 dan 2017 diselenggarakan di Gedung CoE FT Untirta kampus Cilegon, menurut keterangannya penggunaan kembali gedung CoE bertujuan untuk mempromosikan CoE pada idustri/instansi yang ada di Indonesia. Ketua Pelaksana menerangkan juga setelah pemaparan materi oleh pembicara utama, sesi selanjutnya, dikarenakan banyaknya pemateri, pemaparan materi dilanjutkan di dalam ruang kelas yang telah dikelompokkan terpisah menjadi 3 ruangan.

Berita Terbaru Lainnya