Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Untirta Gelar Workshop Revitalisasi Industri Pasca Panen dan Pengolahan Pangan

Untirta menyelenggarakan kegiatan Workshop dengan tema Revitalisasi Industri Pasca Panen dan Pengolahan Pangan Untuk Produk Pangan Berkualitas Dalam Rangka Ketahanan Pangan Provinsi Banten bertempat di gedung Center Of Exellent (CoE) Untirta Kampus Fakultas Teknik Cilegon. (13/09/2017).

Workshop dibuka oleh Rektor yang diwakili Prof. Dr. Kartina AM, MP yang menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Humas dan Sistem Informasi Untirta. Pada acara sambutan beliau menyampaikan kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dalam rangkaian acara riset konsorsia yang memfokuskan melakukan penelitian dengan bekerjasama dengan dinas/instansi terkait yang ada di provinsi Banten, beliau berharap workshop ini dapat bermanfaat bagi semua dan dapat ditindak lanjuti dalam kehidupan yang nyata.

Hal senada disampaikan juga oleh Ketua Pelaksana, Workshop ini bertujuan untuk menyamakan persepsi bagi revitalisasi industri pasca panen dan pengolahan pangan untuk menghasilkan produk pangan berkualitas berbasis pangan lokal, memperkuat jejaring pemerintah, peneliti, akademisi, praktisi dalam hal ini industri dan ukm sehingga dapat terjalin kerjasama riset yang kompetitif di industri pasca panen dan pengolahan pangan dalam rangka untuk mendukung pembangunan ketahanan pangan yang berkelanjutan, memantapkan dukungan seluruh stakeholder di Provinsi Banten untuk mendukung Untirta menjadi CoE bidang food security

Adapun Pembicara yang dihadirkan yaitu Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi (Direktur Seafast Centre), Ir. Wiwik Puntorini, S.Pd (Umkm binaan Institut Pertanian Bogor) serta dimoderatori oleh Dr. Hj. Meutia, SE., MP, sedangkan Peserta kegiatannya yaitu Para pejabat Struktural, Peneliti dan Dosen Untirta, Dinas Umkm baik di Kota maupun Kabupaten yang ada di lingkungan provinsi Banten, pelaku usaha Umkm, mahasiswa/i Untirta. Para narasumber pada pemaparan materi menyampaikan beberapa hal penting diantaranya tentang industri pangan, sinergi UKM dan industri yang mendukung ketahanan pangan, nilai pangan, ketahanan pangan mandiri dan berdaulat beserta pilar dan indikatornya, industri pangan yang terfokus pada Umkm pangan, gambaran daya saing produk pangan Indonesia, klasifikasi usaha kecil dan industri, inovasi regulasi dan standarisasi industri pangan dapat mendorong produk lokal serta mendukung ketahanan pangan.

Berita Terbaru Lainnya