Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

PLI Untirta Gelar Workshop Pelatihan Penyusunan Summer Camp 2017

Serang, (5/9/2017) Pusat Layanan Internasional (PLI) Untirta menyelenggarakan Workshop Pelatihan Summer Camp 2017 selama 2 hari tanggal 5-6 September 2017 bertempat di Ledian Hotel Kota Serang, Pada acara tersebut turut hadir Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd, Kepala PLI Untirta Dr. Syafrizal, M.Pd, Para Ketua Lembaga, Kabiro BUKK, Kabag Akademik, Registerasi dan Kemahasiswaan,Para Dekan, Para Dosen dan para Kajur, dan para Staf PLI Untirta, narasumber Dr. Karen Peyronin Imam, MIB (Director Of Binus Global), Revina Amanda Patria (International Program Senior Officer Universitas Indonesia).

Kepala PLI Untirta Dr. Syafrizal, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa ini dalam rangka membangun dan menciptakan Untirta Go Internasional, dan berharap Untirta menjadi Universitas yang ada di Banten yang bisa dikenal oleh kancah Internasional, dengan adanya penyusunan Summer Camp ini sudah saatnya Untirta bisa dapat mendatangkan mahasiswa asing dengan program seperti ini. Untuk mahasiswa asing yang akan direncanakan datang tahun 2018 melalui workshop penyusunan summer camp ini, kita bisa mendatangkan mahasiswa asing dengan bekerjasama dengan Kemendikbud dalam program Darma Siswa. Beliau berharap kepada seluruh sivitas Akademika dimulai dari Perencanaan sampai dengan Fakultas dapat memberikan kontribusi kepada Untirta dengan PLI.

Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd dalam kesempatan sambutannya menyambut baik kegiatan ini sebagai salah satu bagian dari memulai bagaimana kedepan sesuai program IDB, selain kita meningkatkan mutu yaitu Center of Excellence juga kedepannya dan jangka panjang punya cita-cita agar untuk Untirta kedepannya masuk ke dalam Word Class, tetapi kita harus mulai, kalau kita tidak memulai mimpi itu maka tidak akan terjadi, mudah-mudahan kita dapat mewujudkan program yang nanti dilakukan, yang menghadirkan dan mempertemukan mahasiswa asing dan melakukan pertukaran budaya sekaligus kita mempublikasikan ke dunia luar . Beliau berharap dari kegiatan ini kita dapat menjalankan program dengan baik kredibel dan bisa dilaksanakan dan dapat memberikan dampak yang baik seta masing mendapatkan pengalaman. Beliau mengucapkan terimakasih kepada narasumber Dr. Karen Peyronin Imam, MIB untuk berbagi pengalaman dan informasi dalam rangka Summer Camp ini dalam rangka Untirta menuju Word Class University dan harus dimulai dari sekarang, diakhir sambutannya Rektor Untirta membuka acara ini.

Selanjutnya narasumber Dr. Karen Peyronin Imam, MIB dalam persentasinya menjelaskan fokus kita yang pertama strategi dan kita bisa jual kapan aja namanya short program, pertama kali kita harus ada program internasionalisasi, kurikulum internasional, bangun internasionalisasi, bagaimana kita membangun kompetisi, harus bisa liat bagaimana masuk kedalam kampus budaya yang dari luar negeri, budaya yang lebih internasional, sama knowlednya yang bisa mulai dari riset. Internasionalisasi kita harus bekerjasama dan berkomunikasi dengan orang asing, atau kerjasama dengan KBRI yang ada dibeberapa negara, serta kita harus mengerti diinstitusinya. Beliau mengajak kita harus mulai jangan malu dan takut, kalau kita mau membuat program internasionalisasi kita harus tahu Indonesia seperti apa, dan dilihat dari beberapa aspek guna ketertarikan mahasiswa asing untuk kuliah di Indonesia khususnya kuliah di Untirta serta strategi dari Untirta apa saja. Diakhir persentasinya pembagian tugas kelompok dari masing-masing Fakultas untuk penyusunan program summer camp serta memberikan masukan dan dipersentasikan.

Pada hari ke 2 tanggal 6 September 2017 sebagai narasumber Revina Amanda Patria (International short program senior officer Universitas Indonesia) mempersentasikan serta menjelaskan tentang strategi pemasaran, dan menjelaskan mengenai short program di Universitas Indonesia berdiri sejak tahun 2000, sampai sekarang usianya sudah 17 tahun. Semenjak berdiri dan butuh waktu 9 tahun prosesnya jadi gak instan, kita kerja keras awal-awalnya jualan dan promosi, pertama kita menerima mahasiswa asing Cuma 5 orang dan pada tahun berikutnya kita mengalami peningkatan. Beliau menjelaskan Strategi Short Program dengan cara program yang adalah diantaranya tim internal, kesiapan fakulas, kelas bahasa, cultural program, site visit/ excursion,dengan pemasaran yaitu by email, kunjungan tamu/ partener yang datang, by website, dan sosial media, perkuat SDM untuk internship atau mendampingi short program, pelaksanaan evaluasi, memperkuat team work internal Universitas, dibuat rencana kerja dan target persiapan untuk program ke depan. Pada akhir persentasinya dilakukan tanya jawab, dan selanjutnya para ketua kelompok masing-masing fakultas mempersentasikan programnya dihadapan nara sumber dan kepala PLI sebagai jurinya dan yang berhak mendapat apreasiasi dari para juri yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada akhir acara kepala PLI memberikan cinderamata kepada narasumber dan pemberian penghargaan kepada FKIP Untirta sebagai kenang-kenangan, diakhir kegiatan sesi foto bersama hingga acara berakhir. ( Anas-Humas).

Berita Terbaru Lainnya