Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Untirta Laksanakan Ujian SMMPTN-Barat 2017

Sabtu, 08/07/2017 Untirta yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Wilayah Barat (BKS Wilayah Barat) melaksanakan Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat). Beberapa PTN yang melaksanakan SMMPTN-Barat selain Untirta antara lain Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Andalas (Unand), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Insitut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh dan Universitas Samudera (Unsam). Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal M.Eng selaku Ketua Pelaksana SMMPTN-Barat tahun 2017 meninjau langsung pelaksanaan ujian di Untirta. Pelaksanaan ujian SMMPTN-Barat di Untirta berjalan dengan lancar, tegasnya.

Pelaksanaan Ujian SMMPTN-Barat menggunakan beberapa tempat seperti di Untira Kampus Pakupatan dan Ciwaru Kota Serang, STIE Bina Bangsa, SMK Pasundan, SMAN 1 Kota Serang dan SMA/SMK Prisma. Jumlah peserta yang mengikuti tes sebanyak 3700 peserta. Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd yang mendampingi Ketua Pelaksana SMMPTN-Barat mengatakan bahwa peminat ke Untirta saat ini sudah semakin luas, Rektor mewawancarai langsung beberapa orangtua peserta, diantara mereka ada yang berasal dari Indramayu, Bekasi, Bogor, dll. Alhamdulillah, masyarakat di luar Provinsi Banten juga sangat banyak yang memilih Untirta, tegasnya. Peserta Ujian memperebutkan 30% kuota tersisa untuk masuk ke Untirta.

Peserta ujian terbagi menjadi tiga kelompok (Soshum, Saintek dan Campuran). Jadwal ujian Saintek dan Campuran dimulai pada pukul 07.00 09.15 WIB dengan materi Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek. Pukul 09.45 11.45 WIB seluruh kelompok ujian mengerjakan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA). Di sesi akhir pukul 13.00 14.30 WIB, peserta kelompok Soshum dan Campuran mengerjakan soal-soal TKD Soshum. Ujian Keterampilan Untirta akan dilaksanakan di Untirta Kampus Ciwaru Kota Serang pada hari Minggu 09/07/2017.

SMMPTN-Barat berkomitmen melaksanakan tahapan seleksi secara profesional, terukur, terjamin dan efesien. Diharapkan seleksi ini menghasilkan mahasiswa baru yang berkualitas dan menjadi kebanggaan Untirta khususnya dan Indonesia umumnya. (Angga-Humas)

Berita Terbaru Lainnya