Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Fakultas Hukum Melakukan Buka Puasa Bersama

Fakultas Hukum (FH) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada bulan Ramadan, seperti tahun sebelumnya melakukan buka puasa bersama di Gedung Dekanat Kampus Untirta Pakupatan Serang (14/06/17).

Menurut keterangan dari Dr. Aan Asphianto, SH., MH Kegiatan buka puasa bersama ini dihadiri oleh para pimpinan di lingkungan Untirta, Dosen FH, pegawai FH, Dharma Wanita Untirta, mahasiswa/i FH, bertujuan untuk silahturahmi, mempererat persaudaraan, beliau menerangkan bahwa sebelum acara buka puasa bersama akan diadakan tausiah siraman rohani agama Islam dari Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd, beliau juga berharap dari kegiatan ini terciptanya kebersamaan, saling asih, asah, asuh antar sesama kalangan yang pada umumnya di lingkungan Untirta dan khususnya di lingkungan FH Untirta.

Dalam Tausiah/siraman rohani agama Islam Rektor Untirta menyampaikan tentang beberapa hal penting diantaranya keutaman bulan Ramadhan yang mana magfiroh, barokah, pahala akan ALLAH SWT berikan kepada hambanya yang bertakwa, pada bulan Ramadan seperti orang-orang terdahulu diperintahkan oleh ALLAH SWT untuk melakukan berpuasa, puasa mengandung beberapa dimensi kecerdasan emosi dan intelektual, dapat mengajarkan hal-hal seperti mengendalikan diri, memotivasi diri, membangun relasi, menahan amarah dsb. Puasa juga baik untuk kesehatan karena menurut penelitan pencernaan pada manusia memerlukan waktu untuk beristirahat yang berpengaruh pada pembentukan sel-sel baru, adapun menurutnya beberapa tingkatan orang puasa diantaranya yakni puasa awam yakni berpuasa hanya menahan lapar saja dengan tidak menjalankan hal lainnya, puasa khusus yakni puasa yang mana selain menahan lapar, menahan panca indra dari maksiat disertai perbuatan-perbuatan yang baik, yang bukan dilarang oleh ALLAH SWT, puasa khusus bil khusus yaitu puasa yang selain menahan lapar, menahan panca indra dari maksiat dan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik disertai pula dengan menjaga hati dan pikiran. Beliau berharap semua yang berpuasa di bulan Ramadan ini pada akhirnya menjadi insan yang lebih baik lagi, baik itu amal ibadahnya, akhlaknya dsb.

Berita Terbaru Lainnya