BAKP
Pelayanan Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa membidangi beberapa layanan, diantaranya :
- Akademik yang terdiri dari : registrasi mahasiswa (baru/lama), pendaftaran wisuda, pengelolaan nilai transkrip, pengelolaan pendaftaran wisuda, dan administrasi akademik.
- Kemahasiswaan yang terdiri dari : pengelolaan beasiswa, peningkatan prestasi kemahasiswaan, pengelolaan dan pengembangan Ormawa, dan segala sesuatu yang terkait kemahasiswaan.
- Perencanaan melayani kegiatan Penyusunan Anggaran Untirta , Revisi Anggaran, penyusunan kontrak kinerja, laporan penyerapan anggaran, laporan
kinerja (SAKIP LAKIP) - Humas dan Protokol melayani Kehumasan, Keprotokolan, Sosialisasi Program kerja di Untirta
- Kerja Sama melayani Layanan administrasi naskah kerjasama dan kemitraan
BAKP ini dipimpin oleh seorang Kepala Biro yang membawahi 2 orang Kepala Bagian (Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan, serta Kabag. Perencanaan). Kabag Akademik dan Kemahasiswaan membawahi Kepala Sub. Bagian Akademik dan Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik. Kabag Perencanaan membawahi Kepala Sub Bagian Perencanaan.
Visi BAKP
Memberikan layanan teknis administrasi akademik, kemahasiswaa dan perencanaan menuju terwujudnya Untirta sebagai Integrated Smart and Green (It’s Green) University yang unggul, berkarakter dan berdayasaing di kawasan Asean Tahun 2030.
Misi BAKP
Memberikan layanan teknis akademik, kemahasiswaan, perencanaan, kerjasama dan humas yang terbaik amanah dan profesional.
Kebijakan
Memperkuat komitmen, kebersamaan dan tanggung jawab dalam mewujudkan layanan teknik akademik, kemahasiswaan, perencanaan dan humas.
Program
- Memberikan layanan teknis administrasi bidang Akademik
- Memberikan layanan teknis administrasi bidang Kemahasiswaan
- Memberikan layanan teknis administrasi bidang Perencanaan
- Memberikan layanan teknis administrasi bidang Kerja Sama
- Memberikan layanan teknis administrasi bidang Humas
Kegiatan
Kegiatan kerja BAKP terbagi pada empat (4) bagian yaitu,
- Bagian Akademik dan Registrasi
- Bagian Kemahasiwaan dan Alumni
- Bagian Perencanaan dan Evaluasi
- Bagian Kerja Sama dan Humas.
Bagian Akademik dan Registrasi
Program kegiataan teknis bagian akademik dan registrasi meliputi :
- Melaksanakan penyusunan program kerja bagian;
- Melaksanakan analisis data di bidang akademik;
- Melaksanakan penyusunan kalender akademik;
- Melaksanakan urusan penerimaan dan registrasi mahasiswa;
- Melaksanakan penyiapan penyelengaraan wisuda, dies natalis, orasi ilmiah, upacara pengukuhan guru besar, dan pertemuan ilmiah lainnya;
- Melaksanakan administrasi perkuliahan dan ujian;
- Melaksanakan administrasi tugas belajar dosen;
- Melaksanakan administrasi kelulusan mahasiswa;
- Melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan dan pendayagunaan sarana pedidikan;
- Melaksanakan pemprosesan pemberi ijin penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
- Melaksanakan evaluasi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
- Melaksanakan pengembangan dan peningkatan di bidang minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa;
- Melaksanakan administrasi dibidang minat, bakat dan kesejahteraan mahasiswa;
- Melaksanakan layanan di bidang minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa;
- Melaksanakan administrasi alumni;
- Melaksanakan penyusunan statistik mahasiswa;
- Melaksanakan pengolahan informasi akademik dan kemahasiswaan;
- Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan;
- Melaksanakan penyimpanaan dan pemeliharaan dokumen bagian;
- Melaksanakan penyusunan laporan bagian;
Subbagian Akademik dan Evaluasi
Program kegiatan teknis Subbagian akademik dan kemahasiswaan meliputi sebagai berikut :
- Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan Program Kerja Bagian;
- Melakukan penyusunan instrumen monitoring dan evaluasi pendidikan;
- Melakukan pengumpulan dan pengolahan data akademik;
- Melakukan penyajian data hasil monitoring dan evaluasi pendidikan sebagai bahan kebijakan pimpinan;
- Melakukan bahan penyusunan kalender akademik;
- Melakukan administrasi perkuliahan dan ujian;
- Melakukan administrasi tugas belajar dosen;
- Melakukan urusan pemrosesan ijazah;
- Melakukan urusan perpanjangan masa studi dan putus studi akademik;
- Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa;
- Melakukan pemberian layanan transkrip nilai;
- Melakukan penyiapan bahan penyelenggaraan wisuda, dies natalis, orasi ilmiah, upacara pengukuhan guru besar/professor, dan pertemuan ilmiah lainnya;
- Melakukan penyusunan rencana kebutuhan dan pendayagunaan sarana pendidikan;
- Melakukan pengaturan penggunaan sarana akademik;
- Melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik;
- Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
- Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.
Subbagian Registrasi dan Statistik
- Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan Program Kerja Bagian
- Melakukan penyusunaan pedoman pelaksanaan penerimaan dan registrasi mahasiswa;
- Melakukan penerimaan mahasiswa baru;
- Melakukan registrasi mahasiswa baru;
- Melakukan penyiapan kartu mahasiswa, kartu rencana studi, kartu hasil studi, dan pemberian nomor induk mahasiswa;
- Melakukan urusan alih program studi;
- Melakukan urusan cuti akademik mahasiswa;
- Melakukan pemrosesan pindah mahasiswa dan/atau pengunduran diri mahasiswa;
- Melakukan penyusunan statistik mahasiswa ;
- Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
- Melakukan penyusunan laporan Subbagian.
Subbagian Kemahasiswaan dan Alumni
- Melakukan penyusunan program kerja Subbagian, dan Program kerja bagian;
- Melakukan pengumpulan dan pengolahan data di bidang kemahasiswaan dan alumni;
- Melakukan penyusunan rencana kegiatan mahasiswa;
- Melakukan urusan pemilihan mahasiswa berprestasi dan teladan;
- Melakukan fasilitasi kewirausahan dan keterampilan mahasiswa;
- Melakukan urusan pemberian ijin atau rekomendasi kegiatan mahasiswa;
- Melakukan penyusunan rencana kebutuhan pelayanan kesejahteraan mahasiswa;
- Melakukan urusan pemberian beasiswa;
- Melakukan fasilitasi peningkatan keterampilan mahasiswa;
- Melakukan pelayanan kesejahteraan dan kesehataan mahasiswa;
- Melakukan pemberian layanan informasi bursa kerja;
- Melakukan fasilitasi jejaring alumni;
- Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan mahasiswa;
- Melakukan penyusunan laporan dan penyajian data dan informasi kegiatan kemahasiswaan;
- Melkaukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
- Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.
Bagian Perencanaan dan Kerja Sama
Program kegaiatan teknis bagian perencanaan dan kerja sama meliputi sebagai berikut :
- Melaksanakan penyusunan program kerja Bagian, program kerja Biro, dan program kerja UNTIRTA;
- Melaksanakan penyusunan bahan kebijakan perencanaan dan kerja sama Untirta;
- Melaksanakan penyusunan proyeksi pengembangan, rencana strategis, dan rencana kinerja Untirta;
- Melaksanakan penyusunan satuan biaya kegiatan;
- Melaksanakan analisis terhadap usul program, kegiatan, sasaran, dan anggaran di lingkungan Untirta;
- Melaksanakan penyusunan rencana, program, kegiatan, sasaran, dan anggaran Untirta;
- Melaksanakan penyusunan usul penyesuaian program, kegiatan, sasaran dan anggaran Untirta;
- Melaksanakan penyajian data perkembangan pelaksanaan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran Untirta;
- Melaksanakan penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta akuntabilitas kenerja Untirta;
- Melaksanakan urusan peliputan dan dokumentasi serta penyusunan bahan informasi dan publikasi;
- Melaksanakan penyusunan bahan dan penyiapan penyelenggaraan konfersi pers dan siaran pers;
- Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data kegiatan kerja sama yang dilakukan dilingkungan Untirta;
- Melaksanakan penyiapan proposal pelaksanaan kerja sama;
- Melaksanakan penyusunan rancangan naskah kerja sama di lingkungan Untirta;
- Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kerja sama dan hubungan masyarakat;
- Melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan
- Melaksanakan penyusunan laporan Bagian;
- Melaksanakan penyiapan penyusunan laporan Biro dan Laporan Untirta.
Subbagian Perencanaan dan Evaluasi
- Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan program kerja Bagian;
- Melakukan penyiapan penyusunan program kerja Biro dan program kerja Untirta;
- Melakukan penyusunan kebijakan perencanaan dan evaluasi pelaksanaan rencana, program, dan anggaran untirta;
- Melakukan pemyiapan penyusunan pedoman perencanaan di lingkungan Untirta;
- Melakukan pengumpulan dan pengolahan data di lingkungan Unitrta;
- Melakukan penyusunan proyeksi pengembangan, rencana strategis, dan rencana kinerja Untirta;
- Melakukan penyusunan satuan biaya kegiatan;
- Melakukan penelaahan usulan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran unit kerja di lingkungan Untirta;
- Melakukan penyusunan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran Untirta;
- Melakukan penyiapan bahan koordinasi pembahasan rencana, program, dan anggaran Untirta;
- Melakukan penyusunan petunjuk operasional kegiatan di lingkungan Untirta;
- Melakukan penelaahan laporan pelaksanaan rencana, program, kegiatan, dan anggaran unit kerja;
- Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program, kegiatan, dam anggaran Untirta;
- Melakukan penyajian data pengembangan pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran Untirta;
- Melakukan urusan penyesuaian program, kegiatan, dan anggaran Untirta;
- Melakukan penyusunan laporan pelaksanaan rencana, program, kegiatan, dan anggaran Untirta;
- Melakukan penyusunan laporan akuntabilitas kinerja Untirta;
- Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan
- Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.
Subbagian Kerja Sama
- Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan program kerja Bagian;
- Melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan kerja sama di lingkungan Untirta;
- Melakukan pengumpulan dan pengolahan data kegiatan kerja sama;
- Melakukan penyusunan bahan sosialisasi dan publikasi produk kegiatan Tridharma Untirta kepada pemangku kepetingan;
- Melakukan penyusunan rencana pengembangan kerja sama;
- Melakukan penyusunan proposal kerja sama;
- Melakukan penyusunan rancangan naskah kerja sama;
- Melakukan administrasi kegiatan kerja sama;
- Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kerja sama;
- Melakukan penyusunan laporan pelaksanakan kerja sama;
- Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
- Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian;
Subbagian Hubungan Masyarakat
- Melakukan penyusunan program kerja Subbagian;
- Melakukan pengumpulan informasi dari unit kerja di lingkungan Untirta;
- Melakukan penyajian dan pemberian layanan informasi di lingkungan Untirta;
- Melakukan pengumpulan informasi dari masyarakat yang berkaitan dengan Untirta;
- Melakukan penyusunan bahan tanggapan terhadap berita yang dimuat media cetak dan elektronik serta pengaduan masyarakat;
- Melakukan urusan publikasi melalui media cetak dan elektronik;
- Melakukan penyusunan bahan pelaksanaan konfersi pers dan siaran pers;
- Melakukan penyiapan pelaksanaan konferensi pers dan siaran pers;
- Melakukan urusan promosi dan pameran;
- Melakukan evaluasi pelayanan informasi dan hubungan masyarakat;
- Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
- Melakukan Penyusunan Laporan Subbagian.
KEADAAN PEGAWAI BAKP PER JANUARI 2021
NO | NAMA | JABATAN | NIP | GOL |
1. | Tb. Bahtera R., S.E, M.Si. | Kepala BAKP | 196710112001121001 | Pembina Tingkat I / IVb |
2. |
Koordinator Kelompok JF Bidang Akademik |
|||
3 | Roudohtul Janah, S.E. | Koordinator Kelompok JF Bidang Perencanaan | 197905202005012003 | Penata Tingkat I / IIId |
4 | Herry Sandjaya, S.E., M.M. | Koordinator Kelompok JF Bidang Kemahasiswaan | 197609262005011003 | Penata Tingkat I / IIId |
5 | Veronika Dian Faradisa, S.E, M.M. | Koordinator Kelompok JF Bidang Kerjasama dan Humas | 197609032003122001 | Penata Tingkat I / IIId |
6 | Saimun, S.E., M.M. | Sub Koordinator Kelompok JF Evaluasi dan Pelaporan | 197401022008101001 | Penata/ IIIc |
7 | Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt.
|
Sub Koordinator Kelompok JF Kerja Sama | 197903172008102001 | Penata / IIIc |
8 | Khaerul Kholqi, S.P. | Sub Koordinator Kelompok JF Pendidikan dan Evaluasi | 197508282005011001 | Penata Tingkat I / IIId |
9 | Munawar Holil, S.E. | Sub Koordinator Kelompok JF Bidang Registrasi dan Statistik | 197401142005011001 | Penata Tingkat I / IIId |
10 | Adhitya Angga Pratama, S.I.Kom. | Sub Koordinator Kelompok JF Humas dan Protokol | 201104011119 | |
11 | Ade Bastian, A.Md., Kom. | Sub Koordinator Kelompok JF Program dan Anggaran | 197912072009121002 | Pengatur / IIc |
12 | Yayan S Ryan, SE., MM | Sub Koordinator Kelompok JF Minat, Bakat, Penalaran dan Prestasi | 197307262008101001 | Penata / IIIc |
13 | Gina Fithria, S.Pd. | Sub Koordinator Kelompok JF Informasi, Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni | 198608032014042001 | Penata Muda / IIIa |
14 | Nia Daruniati, S.E. | BPP Non Kemahasiswaan | 198504172014092002 | Pengatur Muda Tingkat I/ Iib |
15 | Een Mardiyanti, S.Pd. | BPP Kemahasiswaan | 198403112006042002 | Penata Muda Tingkat I / IIIb |
16 | Dewi Tejalasmanasari, S.Pd. | Staff akademik | 197209042008102001 | Penata / IIIc |
17 | Lala Meilani,S.Pd | Staff akademik | 198005252015042002 | Penata Muda / IIIa |
18 | Nia Nurulinsani | Staff akademik | ||
19 | M. Satria Kusuma | Staff akademik | ||
20 | Ivan Issa Fathony | Staff akademik | ||
21 | Sri Fuji Astuti, A.Md. | Staff registrasi dan statistik | 197812042014092002 | Pengatur Tingkat I/ Iid |
22 | Riana Hadiana,S.Si. | Staff registrasi dan statistik | 198104072015041001 | Penata Muda / IIIa |
23 | Sriyanto, S.M. | Staff registrasi dan statistik | ||
24 | ||||
25 | Fashihatus Sa’niyah, S.Si. | Staff perencanaan | 198801302015042002 | Penata Muda / IIIa |
26 | Yudha Diansyah, S.Si. | Staff perencanaan | ||
27 | Asep Muamar, S.E. | Staff perencanaan | ||
28 | Nida Farida, S.E., M.M. | Staff perencanaan | ||
29 | Tb Yudi Sudrajat | Staff kerjasama | 197808282008101001 | Pengatur / IIc |
30 | Wahyudin | Staff kerjasama | ‘197511092009101001 | Pengatur / IIc |
31 | Susilawati, S.E. | Staff kerjasama | ||
32 | Rahmat Dwi Baktiono, S.E., M.M. | Staff humas | 198503122014041001 | Penata Muda Tingkat I / IIIb |
33 | Mohamad Maman Suherman | Staff humas | ‘197305052007101002 | Pengatur Muda / IIa |
34 | Ikeu Yuliawati Ningsih, S.E. | Staff humas | ||
35 | Adhitya Angga Pratama, S.I.Kom. | Staff humas | ||
36 | Tb. Mohamad Arif | Staff humas | ||
37 | Sekar Ageng Cendekia, S.I.Kom. | Staff Humas | ||
38 | M. Rachmatullah, S.Pd. | Staff Kemahasiswaan | ||
39 | Nuryadi, S.E. | Staff Kemahasiswaan | ||
40 | Supriadi | Staff Kemahasiswaan | ||
41 | Abdurrohman, S.Pd., M.Pd. | Staff Kemahasiswaan | ||
42 | Angga | OB |