Enter your keyword

REKTOR UNTIRTA BARU DIPILIH SECARA MUSYAWARAH MUFAKAT

REKTOR UNTIRTA BARU DIPILIH SECARA MUSYAWARAH MUFAKAT

REKTOR UNTIRTA BARU DIPILIH SECARA MUSYAWARAH MUFAKAT

Rabu, 26 Juni 2019 Senat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan sidang senat tertutup dengan agenda pemilihan Rektor Untirta periode 2019 – 2023 bersama Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang pada kesempatan tersebut di kuasakan kepada Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenristek Dikti Dr. Yusrial Bachtiar, Ak., M.M., CA, bertempat di ruang rapat Rektorat Untirta kampus Pakupatan Kota Serang dan dihadiri oleh seluruh Senat Untirta serta para calon Rektor.

Dr. Yusrial Bachtiar, Ak., M.M., CA sebagai kuasa Menteri menyampaikan bahwa beliau diberikan kuasa oleh Menteri dalam pemilihan Rektor Untirta periode 2019 – 2023. “Dasar setiap pemilihan yaitu berdasar kepada UUD 1945 dan Pancasila, jika semuanya sudah sepakat maka kita harus kembali kepada asas dasar, dan yang terpenting yaitu seluruh dokumen lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan”, ujarnya. Setelah semua bersepakat untuk aklamasi dalam hal ini musyawarah untuk mufakat, sehingga mengerucut kepada satu pilihan yaitu Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT sebagai Rektor Untirta terpilih periode 2019 – 2023. “Ini merupakan tradisi ciri khas bangsa Indonesia, dan diharapkan kedepan selalu disampaikan oleh Menristek Dikti bahwa tidak mudah untuk memimpin Perguruan Tinggi. Perubahan-perubahan yang begitu cepat harus kita antisipasi dan kita carikan cara untuk dapat melaksanakannya dengan sebaik mungkin”, imbuhnya.

Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd Rektor Untirta yang memimpin rapat senat tertutup ini menyampaikan bahwa musyawarah untuk mufakat dalam pemilihan Rektor Untirta kali ini merupakan bentuk kekeluargaan dan kebersamaan Untirta yang tertera dalam visi Untirta sehingga meredam mengantisipasi yang timbul dari proses pemilihan ini sehingga dapat berjalan sejuk, damai, aman dan tertib demi kemajuan Untirta. “ Yang sudah disepakati yaitu memilih Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT sebagai Rektor Untirta periode 2019 – 2023. Ini merupakan kesepakatan bersama dari seluruh Senat Untirta, tiga calon, dan suara Menristek Dikti yang dikuasakan kepada Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenristek Dikti Dr. Yusrial Bachtiar, Ak., M.M., CA”, ungkap pimpinan rapat. Pemilihan Rektor kali ini menjadi keberhasilan Sivitas Akademika karena dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan berdasar kepada UUD 1945 dan Pancasila dengan prinsip kekeluargaan dan kebersamaan.

Rektor Untirta terpilih periode 2019 – 2023 Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT menyampaikan bahwa pemilihan tadi menunjukan kedewasaan keluarga besar Untirta dalam berorganisasi dengan menyepakati secara aklamasi musyawarah mufakat. “Ini merupakan kemenangan kita bersama”, ujarnya. Beliau juga menyampaikan bahwa akan melanjutkan program sebelumnya yang berhasil ditorehkan pada periode Prof. Sholeh, dan akan mengembangkan dan meningkatkan beberapa program mengikuti kemajuan zaman, terutama sistem berbasis IT, dan peningkatan mutu dan kualitas Untirta. “Kita akan memajukan Untirta tentu saja ini akan melibatkan para sivitas Untirta, dan saya mencari pekerja keras yang dapat bekerja ikhlas dan cerdas untuk kemajuan Untirta yang menjadi kebanggaan kita bersama”, tutupnya.

Proses selanjutnya yaitu pelantikan Rektor Untirta terpilih periode 2019 – 2023 yang diagendakan akan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2019. (Angga-Humas)